STP Gelar Kompetisi Roket Air untuk Keempat Kalinya

Solo Techno Park kembali menggelar Kompetisi Roket Air (KRA) tingkat Kota Solo. Kompetisi yang digelar untuk keempat kalinya itu diharapkan dapat mendekatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) kepada masyarakat khususnya kalangan pelajar. Menurut rencana, KRA 2017 akan dilaksanakan 9 September mendatang.

Sebagai bentuk kerja sama dengan instansi pendidikan, KRA dapat diikuti siswa-siswa SMP maupun SMA berusia 12-16 tahun. Peserta merupakan perwakilan sekolah masing-masing peserta. Setiap sekolah bisa mengirimkan maksimal 10 peserta.

“Pendaftaran kita buka sejak 1 - 30 Agustus. Untuk informasi lebih lanjut, sekolah bisa bertanya langsung ke Gedung RnD di lantai satu STP,” kata ketua panitia KRA, Meutia Srikandi.

Peserta dijamin tidak akan dipungut biaya sedikit pun karena pelaksanaan KRA 2017 sepenuhnya dibiaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Solo tahun 2017. Di samping sertifikat, piagam, dan uang pembinaan, lima peserta dengan nilai terbaik berkesempatan untuk mengikuti Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 29 September mendatang.

“Kalau di tingkat nasional bisa lolos jadi juara pertama, bisa mengikuti Kompetisi di tingkat Asia Pasifik,” tambahnya.

Terkait lokasi, panitia sendiri belum memutuskan tempat pelaksanaan KRA Kota Solo 2017. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pemilihan lokasi. Di antaranya, faktor luas lahan,  keamanan penonton dan lingkungan, kecepatan dan arah angin. Saat ini, panitia masih mempertimbangkan tiga kandidat lokasi potensial di Alun-alun Selatan, Stadion Manahan, dan kawasan STP.

“Setelah ada kepastian lokasi, kita akan beritahukan kepada para peserta,” terangnya.

Seperti KRA yang lalu, kompetisi tahun ini lagi-lagi menyasar usia 12-16 tahun. Usia tersebut diyakini sebagai masa-masa paling tepat untuk membentuk pemikiran. Pengenalan Iptek kepada generasi muda diharapkan dapat mendorong pola pikir kritis dan inovatif.

“Roket air dibuat menggunakan bahan dan alat sederhana. Itu akan melatih anak untuk berinovasi,” kata dia.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita STP Gelar Kompetisi Roket Air untuk Keempat Kalinya
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna