Mengenal sekilas Program Diklat Solo Techno Park

Sejak awal Solo Techno Park diresmikan tahun 2009 silam, divisi Pendidikan dan Latihan (Diklat) merupakan divisi yang pertama kali bisa dibuka. Hal ini tak lepas dari sejarah berdirinya STP yang berawal dari Surarakarta Competency and Technology Center (SCTC). Sebuah lembaga diklat yang didirikan Pemerintah Kota Solo bersama Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI). Bisa dibilang, Divisi Diklat sebagai salah satu fondasi yang menyangga STP sejak awal kelahirannya.

Pada periode awal, Divisi Diklat STP membuka tiga program reguler yaitu Diklat Las Darat, Mekanik Garmen, dan Mekanik Manufaktur. Tiga program tersebut rutin dibuka setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk industri di berbagai daerah, khususnya di sekitar Solo. Seiring berjalannya waktu, dibukalah program Diklat Las Dalam Air (underwater welding) sebagai pengembangan program las darat. Belakangan, Divisi Diklat kembali membuka program baru yaitu Diklat Otomasi dan Desain Mekanik.

“Dua program baru itu kita buka atas dasar permintaan dunia industri. Ternyata banyak pabrik-pabrik yang membutuhkan tenaga terampil di dua bidang itu,” kata Kepala Divisi Diklat, Sutrisno.

Karena sesuai dengan kebutuhan dunia industri, tingkat serapan industri terhadap lulusan Program Dilat STP sangat tinggi. Setiap angkatan yang lulus Program Diklat, rata-rata terserap industri 95-98 persen. Tingginya serapan ini menunjukkan tingkat kepercayaan dunia industri terhadap STP.

“Yang tidak terserap bukan berarti tidak bagus. Sebagian meneruskan kuliah. Ada juga yang membuka usaha sendiri,” kata dia.

Tentunya, STP harus menjaga kualitas lulusannya untuk menjaga kepercayaan berbagai perusahaan yang selama ini bermitra dengan STP. Untuk itu, STP lebih menekankan keterampilan daripada teori dengan porsi masing-masing 75 % praktek dan 25 % teori. Dengan demikian, lulusan program diklat STP benar-benar terampil dan memiliki dasar pengertian yang memadai. Untuk menjalankan kurikulum yang cukup padat itu, STP didukung 17 pengajar dengan bertahun-tahun pengalaman lapangan. Peserta program pun harus menghadapi ujian ketat sebelum lulus dan terjun ke dunia kerja.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Mengenal sekilas Program Diklat Solo Techno Park
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna