Peserta Inkubator Bisnis STP Diseleksi Ketat

Inkubator Bisnis Solo Techno Park (STP) menerapkan seleksi  ketat untuk peserta program angkatan kedua tahun 2017. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan program tersebut. Berkaca kepada program serupa yang dilaksanakan instansi lain, keberhasilan inkubator bisnis di Indonesia masih relatif rendah.

“Ternyata tingkat keberhasilan program inkubator bisnis di Indonesia masih di bawah 10 persen,” kata Pejabat Teknis Umum Bidang Kerja Sama STP, Darsono.

Tak mau hasil yang biasa saja, STP akan menerapkan seleksi bagi calon peserta program. Dari 64 formulir pendaftaran yang masuk, STP menargetkan hanya 43 peserta yang bisa mengikuti program tersebut. Pembatasan ini, selain menjaga kualitas, dilakukan untuk menyesuaikan anggaran yang ada.

“Kita ingin kualitas peserta yang optimal. Maka dari itu, tidak bisa banyak,” kata staf Divisi Inkubator Bisnis STP, Danu Setiawan.

Proses seleksi akan dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) selaku penyandang dana dan manajemen STP. Saat ini, Manajemen STP masih menyisir satu per satu formulir yang masuk untuk memilih calon peserta yang memenuhi syarat administrasi. Di samping itu, pihak STP juga sedang menunggu kepastian waktu dari Kemenristek Dikti untuk seleksi presentasi konsep bisnis dan wawancara.

“Setelah seleksi selesai, program bisa langsung dimulai,” kata Danu.

Program Inkubator Bisnis ditargetkan berjalan awal September mendatang. Bahkan bila dimungkinkan, program tersebut bisa dimulai akhir Agustus. Calon peserta yang lolos seleksi administrasi akan diundang kembali untuk mengikuti seleksi presentasi dan wawancara.

“Masalah waktunya, kita mengikuti Kemenristek Dikti. Tapi harapan kami pertengahan atau paling lambat akhir bulan ini,” kata Danu.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Peserta Inkubator Bisnis STP Diseleksi Ketat
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna