Fokus Pada Praktek, STP Didukung Peralatan Memadai

Program Pendidikan dan Latihan (Diklat) di Solo Techno Park (STP) menjanjikan keluaran sumber daya manusia (SDM) terampil yang siap kerja. Sejak awal berdiri, STP berhasil membuktikan kemampuannya melahirkan tenaga kerja dengan kualitas yang dijanjikan.

Kesuksesan STP ini tentunya bukan hal yang mudah dicapai. STP sejak awal menyiapkan berbagai hal yang mendukung keberhasilannya. Di antaranya yang cukup menonjol adalah ketersediaan pengajar berpengalaman, kurikulum yang komprehensif, dan peralatan yang memadai.

“Peserta diklat kita ajari berbagai teknik yang dibutuhkan untuk kerja. Mulai dari yang manual sampai penggunaan mesin-mesin canggih,” kata Kepala Divisi Diklat STP, Sutrisno.

Dibanding lembaga pendidikan lain, Program Diklat STP lebih menitikberatkan praktek daripada teori. Di STP, praktek mendapatkan porsi 75 persen dari total masa belajar. Pembagian penting untuk menghasilkan tenaga kerja yang benar-benar terampil. Sebagai konsekuensinya, STP memiliki deretan alat yang variatif. Jumlahnya pun cukup banyak untuk memastikan setiap peserta mendapat kesempatan praktek yang memadai.

Jenis alat yang dimiliki STP pun beragam mulai dari alat-alat yang diperlukan untuk kerja bangku (work bench) yang sepenuhnya manual sampai mesin Computer Numerically Controlled (CNC) yang sepenuhnya terkomputerisasi. STP juga didukung dengan mesin grinding manual, milling, lathe (bubut), cylindrical dan flat grinding. Jumlah setiap mesin cukup banyak untuk semua peserta program mengasah keterampilannya menggunakan alat.

“Kita juga punya alat las berbagai jenis,” kata dia.

Dengan perangkat yang lengkap dan memadai, STP berhasil mencetak tenaga kerja terampil siap kerja. Terbukti dengan tingkat serapan industri terhadap lulusan program-program STP yang mencapai angka di atas 95 persen. Mereka yang tidak terserap industri bukan berarti gagal menempuh pendidikan. Tak sedikit yang membuka usaha sendiri setelah belajar di STP. Sebagian lain meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Fokus Pada Praktek, STP Didukung Peralatan Memadai
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna