Serunya Membuat Roket Air

Peserta Kompetisi Roket Air (KRA) IV 2017 yang digelar Solo Techno Park (STP) mulai berlatih membuat roket air di gedung Science Center, Kompleks STP, Selasa (15/8). Latihan perdana diikuti empat sekolah yang akan berpartisipasi dalam KRA IV 2017.

Latihan dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama yang diadakan pagi diikuti SMP Lazuardi Kamila dan SMK Negeri 3 Surakarta. Sementara gelombang kedua dimulai pukul 14.00 WIB diikuti SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 4 Surakarta.

“Kita memfasilitasi sekolah yang sudah mendaftar untuk ikut pelatihan sejak awal,” kata salah satu pengampu KRA IV 2017, Widodo.

Latihan sendiri berlangsung menyenangkan. Mereka lebih terkesan sedang bermain daripada belajar. Teori prinsip kerja roket air dan cara pembuatannya disampaikan singkat di awal sesi latihan. Tak lebih dari 30 menit. Selebihnya, anak-anak langsung praktek membuat roket selama 1,5 jam. Belum sempurna memang. Anak-anak itu terpaksa melanjutkan pembuatan roket mereka di rumah.

“Waktunya memang terbatas. Apalagi banyak yang baru pertama kali membuat roket air. Tentunya butuh waktu lebih lama,” kata dia.

Pelatihan sebelum kompetisi ini pertama kali diadakan tahun 2016 lalu. Setelah diadakan pelatihan, hasil KRA menunjukkan tren positif. Tingkat akurasi rata-rata meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya. Jarak terjauh dari sasaran hanya di kisaran 2 meter untuk peringkat 10 besar.

“Sebelum ada pelatihan, bisa kurang dari 9 meter saja sudah bisa juara harapan,” kata dia.

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Serunya Membuat Roket Air
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna