Mercedez-Benz Pun Belajar ke STP

Solo Techno Park (STP) menyediakan beragam pilihan pelatihan keterampilan, khususnya di bidang manufaktur. Tak hanya pemula yang ingin segera terjun ke dunia kerja, profesional yang sudah berpengalaman pun bisa mengikuti pelatihan di STP untuk meningkatkan keterampilannya.

Sebagaimana dilakukan PT Mercedez-Benz Indonesia sejak pekan lalu. Pabrikan mobil beken itu mengutus dua orang karyawannya ke STP untuk belajar teknik Tungsten Inert (TIG) Welding dan Metal Inert Gas (MIG) Welding. Dua teknik pengelasan dengan akurasi dan kerapian tinggi dibanding teknik lain. Meski demikian, tingkat kesulitan TIG dan MIG Welding juga ikut meningkat seiring meningkatnya kualitas yang dihasilkan. Teknik ini memungkinkan operator mengatur listrik yang mengalir pada elektroda saat pengelasan berlangsung. Hal ini dimungkinkan dengan adanya semacam pedal yang diinjak dengan kaki atau pemicu yang dikendalikan tangan.

Kerja sama antara Mercedez-Benz Indonesia yang berkedudukan di Tangerang ini menunjukkan bahwa STP dipandang sebagai lembaga pendidikan yang kredibel di kalangan industri. Bahkan, Mercedez-Benz Indonesia berencana mengirim tiga orang lagi untuk mengikuti pelatihan TIG dan MIG Welding dalam waktu dekat.

“Mereka sudah latihan sekitar seminggu sejak pekan lalu. Rencananya, minggu depan akan datang lagi tiga orang,” kata Kepala Kepala Divisi Pendidikan dan Latihan (Diklat) STP, Sutrisno.

Mercedez-Benz Indonesia bukan pabrikan raksasa pertama yang bekerja sama dengan STP. Bahkan sejak awal berdiri, STP sudah dipercaya memberikan pelatihan bagi teknisi pesawat terbang dengan program Basic Aircraft Structure Training (BAST). Program ini diselenggarakan STP bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia Maintenance Facility (GMF) Aero Asia.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Mercedez-Benz Pun Belajar ke STP
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna