Learning by Doing Ala Solo Technopark

Learning by Doing, belajar dengan mempraktekkan langsung apa yang kita pelajari. Istilah ini sudah dikenal di dunia pendidikan sejak awal abad ke-20. Diprakarsai oleh filsuf Amerika, John Dewey, metode ini dipercaya efektif untuk memahami banyak hal, terutama yang bersifat aplikatif.

Tak berlebihan memang. Dengan melihat sendiri proses terjadinya sesuatu, peserta didik akan memiliki pemahaman yang lebih konkrit daripada hanya sekadar melihat gambar di papan, buku, atau bahkan video sekali pun. Dengan mempraktekkan langsung, semua indera bekerja. Mata, telinga, tangan, hidung, bahkan dalam materi-materi tertentu, indera pengecap.

Karena terbukti efektif, tak salah rasanya bila Solo Techno Park (STP) menggunakan metode ini. Terbukti, misalnya, saat anak-anak peserta Kompetisi Roket Air (KRA) IV tahun 2017 berlatih membuat roket air di STP. Mereka bisa melihat dan merasakan langsung bagaimana prinsip-prinsip fisika yang bekerja pada roket air. Tekanan udara, gravitasi, friksi (gesekan), dan lain sebagainya.

Hebatnya, sederet konsep-konsep fisika yang bagi sebagian siswa dianggap abstrak itu cukup disampaikan dalam dua bahkan satu pertemuan saja. Tidak hanya dalam angan-angan, mereka bisa melihat langsung bagaimana berbagai macam gaya yang bekerja di roket air berinteraksi. Lebih jauh lagi, mereka belajar memanipulasi gaya-gaya itu untuk mencapai hasil yang optimal.

Tak fisika saja. Selama anak-anak itu membuat roket air, mereka juga mempelajari teknik-teknik bekerja yang efektif dan aman. Misalnya, saat memotong bagian bawah botol untuk membuat badan roket. Salah satu teknik yang bisa dilakukan adalah dengan melubangi bagian yang akan dipotong dengan cutter lalu dilanjutkan dengan potongan melingkari botol dengan cepat, tidak harus rapi. Potongan bisa dirapikan setelah botol berlubang. Dengan demikian, gunting bisa bergerak lebih bebas. Teknik ini, selama anak-anak belajar membuat roket air, terbukti lebih cepat dan aman.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Learning by Doing Ala Solo Technopark
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna