TNI AL Makassar Belajar Las Bawah Air di STP

Unit Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) Makassar berlatih las bawah air (underwater welding) di Solo Techno Park (STP). Pelatihan dijadwalkan selama dua pekan mulai 18 Agustus.

Pelatihan tersebut diikuti empat personel dari unit Fasharkan untuk meningkatkan kemampuan mereka menambal kebocoran kapal (doubling). Selama ini Fasharkan menambal kapal dengan campuran lem epoxy dan semen untuk penambalan sementara. Teknik ini, meski terbukti cukup ampuh mengatasi kebocoran, tetap memiliki resiko tinggi.

“Keamanan kapal lebih terjamin bila ditambal dengan las,” kata salah satu peserta pelatihan dari Fasharkan Lantamal Makassar, Usmansyah.

Selain digunakan untuk memperbaiki kapal, pengelasan bawah air juga sangat berguna untuk membangun dan memperbaiki fasilitas lain seperti dermaga dan jembatan. Tak jarang, Fasharkan Lantamal Makassar mendapat tugas untuk memperbaiki dan memelihara fasilitas yang dimiliki TNI Angkatan Laut di wilayah Timur.

“Kita juga sering melayani kapal-kapal sipil. Tidak khusus kapal TNI saja,” kata dia.

Usmansyah menambahkan pelatihan di STP akan sangat membantu unitnya menjalankan tugas. Terlebih lagi pelatihan di STP lebih menekankan kepada praktek daripada teori. Dengan demikian, peserta mendapat kesempatan lebih untuk mengasah teknik pengelasan.

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita TNI AL Makassar Belajar Las Bawah Air di STP
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna