Diklat Otomasi Solo Technopark Siap Cetak Tenaga Terampil

Solo Technopark terus berupaya mencetak tenaga-tenaga terampil lewat berbagai program pendidikan dan pelatihan (Diklat). Salah satu program yang digadang-gadang mampu memberi kontribusi signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia adalah Diklat Otomasi.
 
Program berkaitan dengan industri mesin otomasi itu, menurut tenaga bagian kerjasama Solo Technopark, Agus Andrianto baru saja diluncurkan pada 2017. Adapun diklat angkatan pertama dengan 26 siswa dimulai pada Mei dan akan berlangsung selama lima bulan.  
 
“Siswa mempelajari tentang otomatisasi proses produksi di suatu perusahaan. Mereka mempelajari sistem hidrolik, pneumatic, PLC, micro controller dan kelistrikan arus lemah,” jelasnya.
 
Dalam pembelajaran, siswa mendapat materi simulasi dan praktik langsung. Mereka juga dibekali pengetahuan dasar-dasar mekanik. Dengan begitu, program diklat ini bukan hanya diperuntukkan bagi lulusan SMK saja, namun terbuka pula bagi siswa dari SMA/MA.
 
Teknik otomasi memiliki peluang cukup prospektif di dunia kerja. Agus Andrianto menyatakan, lulusan program diklat otomasi Solo Technopark bisa bekerja di berbagai bidang berkaitan dengan industri mesin otomasi. Mereka dibutuhkan industri-industri berskala besar seperti makanan dan minuman untuk pemeliharaan proses produksi.
 
“Harapannya industri di Indonesia bisa terbantu dengan SDM kita yang sudah ada ilmu khusus di situ (otomasi). Siswa nantinya bisa disalurkan ke perusahaan-perusahaan besar seperti di Cikarang dan Surabaya,” terang dia.
 
Solo Technopark sendiri berkomitmen membekali generasi muda dengan berbagai keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja. Selain program Diklat Otomasi, badan layanan umum daerah (BLUD) ini juga membuka Diklat Las Darat, Diklat Las Dalam Air, Diklat Desain Mekanik, Diklat Mekanik Garmen dan Diklat Mekanik Manufaktur. Semuanya diharapkan mampu mencetak tenaga kerja yang kompetitif.     
Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Diklat Otomasi Solo Technopark Siap Cetak Tenaga Terampil
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna