Pemenang Kompetisi Roket Air Berkesempatan Pergi ke India

 

Kompetisi Roket Air Tingkat Regional kembali dihelat di kompleks area Solo Technopark, Sabtu (09/09/2017). Pemenang ajang tahunan ini berkesempatan pergi ke India jika berhasil menjuarai ajang serupa tingkat nasional.

Sebagaimana disampaikan Penanggung Jawab Pelaksana Kompetisi Roket Air Tingkat Regional IV, Darsono, pemenang akan mendapat uang pembinaan dan piagam. Sepuluh pemenang juga berkesempatan mengikuti Kompetisi Roket Air Tingkat Nasional pada 29 September hingga 1 Oktober 2017 di PPIPTEK Serpong. Mereka selanjutnya berhak melaju ke Kompetisi Roket Air Tingkat Asia Pasifik di India pada 12 November 2017 jika berhasil menjuarai kompetisi tingkat nasional.   

“Kompetisi ini bisa dibilang sebagai tahap audisi atau penyisihan tingkat nasional Pemenang satu sampai sepuluh nantinya akan kita kirim ke kompetisi tingkat nasional,” katanya, saat memberi sambutan dalam pembukaan Kompetisi Roket Air Tingkat Regional IV.

Pada kompetisi tahun sebelumnya, perwakilan dari Kota Solo berhasil memenangi Kompetisi Roket Air Tingkat Nasional dengan menyabet juara I. Mereka pun berkesempatan mengikuti ajang serupa tingkat internasional di Filipina.

Adapun pada kompetisi roket air kali ini diikuti 62 sekolah. Terdiri dari 43 sekolah tingkat SMP dan 19 SMA/SMK dengan total peserta 540 pelajar. Jumlah ini lebih banyak ketimbang kompetisi serupa tahun lalu, yakni 438 peserta.

Sementara untuk penilaian, roket diarahkan ke sasaran tembak yang diberi tiang pancang berbendera. Peserta diberi kesempatan dua kali peluncuran. Roket yang tepat sasaran adalah pemenangnya. Untuk itu, peserta harus bisa memperhitungkan dengan tepat sudut peluncuran, tekanan udara, arah angin, kecepatan angin maupun gravitasi.  

Darsono menyatakan, kompetisi roket air diharapkan bisa memberi manfaat bagi pelajar tentang kedirgantaraan. Di samping itu juga untuk memberdayakan masyarakat agar lebih mengenal dunia antariksa.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Pemenang Kompetisi Roket Air Berkesempatan Pergi ke India
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna