540 Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air di Solo Technopark

Sebanyak 540 pelajar tingkat SMP dan SMA Surakarta mengikuti Kompetisi Roket Air Tingkat Regional IV. Agenda tahunan teknologi kedirgantaraan ini dipusatkan di lapangan area Solo Technopark, Sabtu (09/09/2017).

Kompetisi hasil kerjasama antara Solo Technopark dengan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK), menurut Penanggung Jawab Pelaksana Kompetisi Roket Air Tingkat Regional IV, Darsono diharapkan bisa memberi manfaat pelajar tentang kedirgantaraan. Di samping itu juga untuk memberdayakan masyarakat agar lebih mengenal dunia antariksa.

“Kompetisi Roket Air harapannya bisa memberi manfaat pelajar tentang dunia keroketan atau antariksa. Di samping itu, lewat acara ini diharapkan pelajar bisa menjadi pemimpin atau pencipta dunia keroketan,” kata dia, saat memberi sambutan dalam pembukaan Kompetisi Roket Air Tingkat Regional IV.

Kegiatan rutin diikuti pelajar usia 12 tahun hingga 16 tahun digelar di tingkat regional, nasional dan internasional. Kompetisi Roket Air dimaksudkan sebagai sarana edukasi Iptek bagi masyarakat serta menjadi wadah pendorong bibit-bibit unggul dalam bidang Iptek. Termasuk menguatkan jejaring, minat dan hobi pelajar terhadap teknologi dirgantara.

Kompetisi Roket Air Regional Surakarta mendapat apresiasi positif Kepala PPIPTEK, Syahrial. Menurutnya ajang ini mendapat sambutan antusias pelajar. Tercatat ada 62 sekolah terlibat dalam kompetisi, terdiri dari 43 sekolah tingkat SMP dan 19 SMA/SMK dengan total peserta 540 orang. Jumlah ini lebih banyak ketimbang kompetisi serupa di wilayah Jabodetabek yang hanya diikuti 352 pelajar.          

Kompetisi Roket Air memperebutkan piagam serta uang pembinaan, digelar secara gratis alias tanpa dipungut biaya karena didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pihak penyelenggara menyiapkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 2.75 juta bagi juara I.

 

 

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita 540 Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air di Solo Technopark
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna