Ingin Terjun di Dunia Industri? Diklat Otomasi Solo Technopark Bisa Jadi Solusi

Kebutuhan dunia industri terhadap tenaga-tenaga terampil tak bisa dipungkiri kian meningkat seiring perkembangan pasar global. Tak ayal, situasi ini membuat Solo Technopark turut memoles divisinya dengan mengembangkan beberapa program anyar, salah satunya Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Otomasi.  

Program unggulan ini sengaja dirilis lantaran tingginya permintaan dunia industri terhadap tenaga terampil di bidang otomasi. Dengan begitu, adanya Diklat Otomasi diharapkan bisa menjembatani antara pencari kerja dengan dunia usaha.

Program anyar ini, menurut tenaga bagian kerjasama Solo Technopark, Agus Andrianto mulai dibuka pada Mei 2017. Kompetitifnya dunia kerja menuntut pihak manajemen menggelar pendidikan secara intensif. Berkomitmen membekali siswanya dengan keterampilan mumpuni, Diklat Otomasi diselenggarakan selama lima bulan.    

“Diklat Otomasi adalah jurusan baru di Solo Technopark pada 2017. Program pendidikan dan pelatihan bagi siswa dilaksanakan selama lima bulan. Siswa bisa dari mana saja, nanti kami kasih basic di mekanik,” ujarnya.

Ya, kendati berhubungan dengan mekanik, Diklat Otomasi tak hanya ditujukan bagi lulusan SMK saja, namun bisa diikuti siswa dari SMA/MA. Salah satu syarat agar bisa diterima program ini, calon siswa harus lulus tes logika.

Sesuai namanya, Diklat Otomasi berkaitan dengan industri mesin otomasi. Dalam pembelajaran, siswa mendapat materi tentang otomatisasi proses produksi di suatu perusahaan. Mereka mempelajari sistem hidrolik, pneumatic, PLC, micro controller dan kelistrikan arus lemah.

Diklat Otomasi, dikatakan Agus Andrianto sangat bermanfaat sebagai bekal keterampilan generasi muda. Terlebih program ini masih sangat jarang digelar lembaga ataupun institusi pendidikan.

Siswa lulusan Diklat Otomasi Solo Technopark bisa bekerja di perusahaan-perusahaan makanan dan minuman skala besar. Mereka bisa jadi teknisi dan tidak menutup kemungkinan mampu membuat mesin sendiri.

“Keterampilan ini dibutuhkan di industri untuk maintenance (pemeliharaan) proses produksi. Mereka bisa sebagai teknisi, meskipun dalam perkembangannya nanti bisa bikin mesin sendiri,” kata Agus Andrianto.   

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Ingin Terjun di Dunia Industri? Diklat Otomasi Solo Technopark Bisa Jadi Solusi
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna