Mesin CNC, Jawaban atas Tantangan Dunia Manufaktur Modern

Industri dewasa ini tak bisa lepas dari penggunaan berbagai perangkat teknologi canggih. Khusus di dunia manufaktur modern, proses permesinan manual sudah mulai tergantikan mesin otomatis. Salah satu jawaban atas tantangan era sekarang digunakanlah mesin CNC (Computer Numerical Control).

Sesuai namanya, dijelaskan Instruktur CNC Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark, Petrus Desan Admaji, CNC merupakan mesin digerakkan lewat perintah numerik. Dengan kata lain, CNC adalah sebuah mesin dioperasikan menggunakan kode angka.   

“CNC adalah mesin yang digerakkan lewat perintah numerik. Dalam aplikasinya digunakan ‘G-Code’ untuk perintah menggerakkan,” ujarnya, Kamis (14/09/2017).

Pembuatan produk menggunakan mesin CNC sebenarnya hampir sama dengan mesin manufaktur umumnya. Hanya, ada tambahan kontrol dari komputer untuk mengatur gerakan mesin. Pada dasarnya program CNC memiliki konstruksi tertentu, yakni kode atau perintah pendahuluan menggunakan kode G atau G-Code.       

Lebih lanjut Petrus Desan Admaji mengungkapkan, mesin CNC dalam operasionalnya banyak digunakan untuk membuatspare part mesin. Teknologi ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis profil (bentuk) produk.     

“Sekarang mesin manual pelan-pelan mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya digunakanlah mesin CNC, baik di industri skala kecil maupun besar,” kata dia.

Kendati demikian, model permesinan otomatis lebih banyak dimanfaatkan industri skala besar. Hal itu tak lepas dari tuntutan kecepatan dan kepresisian hasil produksi. Mesin CNC tak bisa dipungkiri telah menjadi jawaban atas tantangan industri manufaktur modern. Lewat aplikasi teknologi canggih ini, akurasi suatu produk dapat lebih terukur.  

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Mesin CNC, Jawaban atas Tantangan Dunia Manufaktur Modern
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna