Solo Technopark Bekali Siswa Keterampilan CNC

Solo Technopark berkomitmen mencetak tenaga-tenaga terampil agar kompetitif di dunia kerja. Bukan saja membekali teori, namun siswa juga mendapat pelatihan lewat praktik langsung. Khusus peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mekanik Manufaktur, mereka wajib menguasai teknis operasional mesin CNC (Computer Numerical Control).

CNC merupakan mesin digerakkan lewat perintah numerik. Dengan kata lain, CNC adalah sebuah mesin dioperasikan menggunakan kode angka. Ini berlawanan dengan kebiasaan sebelumnya di mana mesin dikendalikan lewat putaran tangan atau otomasi sederhana. 

Dalam pembelajaran, dikatakan Instruktur CNC Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark, Petrus Desan Admaji, siswa harus menguasai permesinan manual dasar terlebih dahulu. Selanjutnya mereka akan mempelajari pemrograman manual CNC.

“Siswa mendapat pengetahuan yang lebih dari basic. Di sini peserta Diklat diajari manual programming CNC. Prosesnya mereka melakukan simulasi lewat simulator terus nantinya diterapkan ke mesin,” jelas dia.   

Pada dasarnya program CNC memiliki konstruksi tertentu, yakni kode atau perintah pendahuluan menggunakan kode G atauG-Code. Ketika memasukkan bahasa pemrograman, siswa harus memasukkan parameter sesuai dengan setiap siklus permesinan. Pengaturan koordinat merupakan hal terpenting dalam metode ini.

Mesin CNC dalam operasionalnya banyak digunakan untuk membuat spare part mesin. Teknologi ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis profil (bentuk) produk. Di era sekarang, CNC berkembang mewakili seluruh mesin produksi menggunakan komputer on board untuk mengontrol pergerakan alat dalam proses produksi.     

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Solo Technopark Bekali Siswa Keterampilan CNC
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna