Diklat Solo Technopark, Siswa Dibekali Gambar Teknik

Keterampilan sangat dibutuhkan di tengah kompetitifnya dunia kerja saat ini. Banyak perusahaan hanya menerima sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi sebagaimana dibutuhkan. Menyikapi hal ini, Solo Technopark menggelar program pendidikan dan pelatihan (Diklat) dan membekali peserta dengan berbagai keterampilan, salah satunya penguasaan gambar teknik.

Dalam program Diklat selama sembilan bulan, siswa akan mendapat pelatihan basic atau dasar pada tiga bulan pertama. Di tingkat ini, salah satu materi diajarkan, yakni gambar teknik. Peserta progam akan mendapat pembelajaran dasar-dasar gambar teknik.

Menurut Instruktur Gambar Teknik Diklat Solo Technopark, Devi Valsa Deandra, siswa mempelajari dasar gambar teknik mulai dari ketebalan garis hingga fungsi garis. Termasuk informasi-informasi gambar teknik.

“Di section gambar teknik, siswa akan belajar basic-basic (dasar-dasar) gambar teknik mulai dari ketebalan garis sampai fungsi garis. Mereka juga mempelajari informasi-informasi gambar teknik,” katanya.

Gambar teknik sendiri merupakan gambar terdiri dari garis, simbol maupun tulisan tegak bersifat tegas. Biasanya digunakan untuk memberi penjelasan lengkap tentang suatu benda atau konstruksi.     

Gambar teknik memberi informasi teknis dari suatu benda. Fungsinya menerangkan data teknis mencakup ukuran dan dimensi benda, material digunakan, visualisasi benda hingga alur proses suatu pekerjaan. Dengan demikian, penguasaan gambar teknik akan memudahkan dalam proses pembuatan suatu benda atau konstruksi.   

 

 
 
 
 
 
 
Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Diklat Solo Technopark, Siswa Dibekali Gambar Teknik
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna