Peserta Diklat Solo Technopark Diharapkan Kuasai Gambar Kerja

Banyak materi diajarkan dalam program pendidikan dan pelatihan (Diklat) Solo Technopark. Adapun di tingkat basic, siswa mendapat pembelajaran keteknikan seperti permesinan manual dasar serta gambar teknik. Mereka diharapkan memiliki keterampilan itu semua, termasuk menguasai gambar kerja.

Penguasaan gambar kerja menjadi penting lantaran menjadi acuan dalam merealisasikan ide ke wujud fisik. Gambar kerja harus dipahami seluruh peserta program Diklat, mengingat secara teknis dibutuhkan dalam proses konstruksi.

Instruktur Gambar Teknik Diklat Solo Technopark, Devi Valsa Deandra, menyatakan di tiga bulan pertama program, siswa mendapat pembelajaran dasar keteknikan. Mereka dibekali keterampilan gambar teknik dan diharapkan mampu membuat gambar kerja siap produksi.

“Siswa belajar basic di tiga bulan pertama pelaksanaan program. Di section ini (gambar teknik), harapannya mereka bisa bikin gambar kerja yang siap produksi. Minimal mereka bisa membaca gambar kerja,” ujarnya.

Gambar kerja merupakan disiplin akademis untuk membuat standar teknis gambar oleh perancang. Standar dan konvensi untuk tata letak, ketebalan baris, ukuran teks, simbol, proyeksi melihat, geometri deskriptif, dimensi dan notasi yang digunakan untuk membuat gambar idealnya ditafsirkan hanya satu cara. Gambar kerja terdiri dari berbagai unsur, memuat informasi mengenai dimensi, bahan dan warna.

Sementara itu, untuk bisa menguasai gambar teknik, peserta program Diklat harus memahami beberapa ilmu dasar terlebih dahulu seperti garis maupun konstruksi geometris. Siswa harus memahami dasar-dasar gambar teknik, di antaranya ketebalan garis dan fungsi garis.      

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Peserta Diklat Solo Technopark Diharapkan Kuasai Gambar Kerja
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna