Siswa Diklat Otomasi Wajib Kuasai 4 Hal Ini

Solo Technopark memiliki sejumlah program pendidikan dan pelatihan (Diklat), salah satunya otomasi. Lewat progam ini diharapkan tercetak tenaga terampil, sehingga siap terjun di dunia industri. Untuk itu, siswa dituntut menguasai empat pengetahuan utama, yakni kelistrikan dasar, sistem micro controller, sistem pneumatik hidrolik dan sistem programmable logic control (PLC).

Selama mengikuti program, peserta Diklat Otomasi setidaknya harus memahami empat materi dasar itu. Sebagaimana diutarakan Instruktur Diklat Otomasi Solo Technopark, Pietter Damai Surya, siswa mempelajari kelistrikan dasar, sistem micro controller, sistem pneumatik hidrolik dan sistem programmable logic control (PLC) sebagai hal pokok harus dikuasai dalam otomasi.

“Listrik dasar, micro controller, pneumatik hidrolik dan PLC itu yang dipelajari saat siswa mengikuti Diklat. Selain itu, basicyang harus dipelajari adalah Hukum Newton dan Hukum Archimedes,” ujarnya.

Adapun untuk sistem micro controller, siswa harus mampu menguasai bahasa pemrograman. Sementara terkait kelistrikan dasar, materi yang dipelajari lebih cenderung ke pengkabelan karakteristik komponen beserta fungsi-fungsinya.

Lebih lanjut Pietter Damai Surya menjelaskan, sistem pneumatik hidrolik menjadi salah satu pengetahuan harus dikuasai dalam otomasi. Untuk itu, peserta Diklat atau siswa harus memahami ilmu fisika, terutama sifat-sifat fluida. Sementara khusus sistem PLC, arahnya lebih ke pengetahuan soal logika.

“Pneumatik hidrolik basic yang harus dipelajari hukum-hukum fisika. Dalam hal ini lebih cenderung ke sifat-sifat fluida. Sedangkan PLC lebih ke logika. Harapannya paling tidak bisa memrogram silinder maju,” kata dia.          

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Siswa Diklat Otomasi Wajib Kuasai 4 Hal Ini
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna