Prospek Kerja Teknik Otomasi Terbuka Lebar

Di era sekarang, dunia kerja menuntut seseorang memiliki kompetensi lebih. Tak heran jika banyak perusahaan besar hanya menerima karyawan sesuai kualifikasi yang disyaratkan. Salah satu kompetensi dibutuhkan dunia industri saat ini adalah kemampuan di bidang otomasi.

Seperti diketahui, saat ini banyak perusahaan manufaktur menggunakan mesin-mesin canggih bekerja secara otomatis. Mereka membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang bisa menggunakan maupun mengontrol mesin agar bisa berfungsi baik. Dengan demikian, peluang kerja di bidang otomasi terbuka lebar.
 
Industri berbasis produksi massal seperti makanan dan minuman, dikatakan Instruktur Diklat Otomasi Solo Technopark, Pietter Damai Surya, banyak membutuhkan tenaga kerja dengan kompetensi di bidang otomasi.
 
Industri tersebut telah memberlakukan penggunaan otomatisasi industri. Pengemasan tak bisa dipungkiri merupakan bagian sangat penting dalam industri makanan dan minuman. Untuk itulah dibutuhkan tenaga terampil di bidang otomasi.
 
“Kemampuan di bidang otomasi cenderung di industri untuk packing (pengemasan), assembly line ataupun industri yang basisnya produksi massal,” ujarnya.
 
Otomasi industri lebih banyak menggunakan mesin otomatis dalam proses produksi. Otomasi sengaja dibuat guna meminimalisasi tingkat kesalahan manusia (human error). Penggunaan sistem kendali otomatis atau semiotomatis sangat memudahkan dalam menerapkan otomasi industri.   
 

Selain menjadi programmer PLC, orang dengan keterampilan di bidang teknik otomasi bisa bekerja sebagai engineer maupun tenaga maintenance di perusahaan-perusahaan manufaktur. Kemampuan ini juga dibutuhkan untuk mengembangkan sistem dan mesin-mesin yang baik dalam proses produksi.

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Prospek Kerja Teknik Otomasi Terbuka Lebar
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna