Kuasai CNC, Peluang Kerja Menanti

Dunia kerja tak bisa dipungkiri begitu kompetitif. Seiring majunya zaman, penerimaan tenaga kerja pun sangat selektif dan hanya orang terampil serta kompeten saja yang mendapat tempat. Oleh sebab itu, penguasaan suatu bidang mutlak diperlukan agar mendapat peluang kerja, salah satunya membekali diri dengan keterampilan CNC (Computer Numerical Control).

Era industrialisasi seperti sekarang, proses produksi tak lagi dikerjakan secara manual, melainkan banyak menggunakan mesin. Di bidang manufaktur, proses permesinan manual pun sudah mulai tergantikan permesinan otomatis, terutama di industri-industri berskala besar. Itu tak lepas dari tumtutan kecepatan dan kepresisian hasil produksi.

Sebagaimana diungkapkan Instruktur CNC Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark, Petrus Desan Admaji, saat ini permesinan manual perlahan mulai ditinggalkan. Banyak industri manufaktur beralih menggunakan mesin CNC yang lebih canggih. Praktis, hal ini menuntut penggunaan sumber daya manusia (SDM) kompeten di permesinan otomatis.

“Sekarang mesin manual pelan-pelan mulai ditinggalkan. Jadi sekarang lowongan untuk CNC banyak dibutuhkan. Mesin CNC banyak digunakan di industri-industri besar,” ujarnya.  

Saat ini CNC berkembang mewakili mesin-mesin produksi yang menggunakan computer on board untuk mengontrol pergerakan peralatan dalam proses produksi. CNC merupakan mesin digerakkan lewat perintah numerik. Dengan kata lain, CNC adalah sebuah mesin dioperasikan menggunakan kode angka.   

Teknologi canggih itu, menurut Petrus Desan Admaji banyak digunakan untuk membuat spare part mesin. CNC dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis profil (bentuk) produk. Dikembangkan guna menjawab tantangan industri manufaktur modern, mesin dengan akurasi tinggi itu mampu mengerjakan produk massal dengan hasil sama persis dan cepat.     

Seseorang dengan keterampilan di bidang CNC dapat bekerja di perusahaan-perusahaan manufaktur sebagai operator maupun programmer mesin CNC. Mereka juga bisa berperan sebagai tenaga maintenance atau pemeliharaan berbagai peralatan dan kelengkapan CNC.     

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Kuasai CNC, Peluang Kerja Menanti
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna