Mengenal Sekilas Mesin Milling

Mesin milling, pastinya kita sudah tak asing dengan kata ini. Kendati cukup familier di telinga, namun masih banyak orang tak tahu tentang jenis mesin tersebut. Bentuk bendanya seperti apa maupun fungsi dan cara kerjanya bagaimana, banyak orang belum mengenal. Nah, untuk itu, yuk kita kulik sedikit apa itu mesin milling.

Secara sederhana mesin milling bisa didefinisikan sebagai jenis mesin perkakas yang menghasilkan bidang datar di mana pisau berputar dan benda bergerak melakukan langkah pemakanan. Milling menghasilkan permukaan datar atau berbentuk profil pada ukuran dan kehalusan yang ditentukan.

Instruktut Mesin Milling Diklat Manufaktur Solo Technopark, Sutrisno, mengutarakan mesin milling adalah sebuah mesin digunakan untuk mengerjakan logam berbentuk balok di mana alat potongnya berputar, sedangkan benda kerjanya diam. Dengan alat ini, orang bisa membuat bentukan bidang datar.

“Mesin milling untuk mengerjakan logam yang berbentuk kotak atau balok di mana alat potongnya berputar, sedangkan benda kerjanya diam. Mesin ini untuk pengerjaan yang biasa dan mampu menghasilkan bentuk presisi,” kata dia.

Kesimpulannya, mesin milling mampu membentuk permukaan datar maupun berlekuk dengan tingkat akurasi tinggi. Selain itu, sarana mekanik ini dapat pula menghaluskan atau meratakan benda kerja sesuai dimensi yang diinginkan. Contoh benda bisa dihasilkan dari mesin milling, di antaranya palu, handle tap serta holder pahat,   

Sementara prinsip kerja mesin milling adalah gerak potong dilakukan pahat, berasal dari putaran spindel dan gerak makan oleh benda kerja yang berasal dari gerakan meja kerja secara translasi sebagai pembawa benda kerja. Proses pengurangan material benda kerja terjadi karena adanya kontak antara alat potong yang berputar pada spindel dengan benda kerja yang tercekam pada meja mesin.  

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Mengenal Sekilas Mesin Milling
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna