Siswa Diklat Manufaktur Solo Technopark Dilatih Operasikan Mesin Milling

 

Sejumlah peserta program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Manufaktur Solo Technopark mendapat pembekalan keterampilan lewat pengajaran teori dan praktik. Selama tiga bulan mereka dididik menjadi tenaga kompeten dan ahli di bidangnya. Siswa pun diharapkan bisa menguasai teknis operasional mesin milling agar bisa diaplikasikan di dunia industri.

Dalam program Diklat diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK itu, banyak materi diajarkan. Khusus tingkat basic, siswa mendapat pembelajaran serta pelatihan operasional mesin milling. Di tahap ini, mereka menurut Instruktut Mesin Milling Diklat Manufaktur Solo Technopark, Sutrisno, dilatih membuat beberapa part, di antaranya palu, handle tap serta holderpahat.

Lewat pembekalan keterampilan, peserta Diklat diharapkan bisa memroduksi suatu benda atau part. Selama mengikuti progam, siswa juga dituntut mampu mengoperasikan mesin dengan benar, di antaranya tentang pengefraisan bertingkat, pengefraisan dengan sudut, pengeboran serta pengefraisan dengan ukuran presisi.  

“Harapannya alat yang dibuat bisa digunakan. Selain itu, siswa juga diharapkan bisa mengoperasikan mesin dengan benar,” kata Sutrisno.

Dalam pembelajaran, peserta program Diklat mendapat berbagai teori terkait operasional mesin. Sementara guna menunjang keterampilan, Solo Technopark menyediakan sebelas unit mesin milling untuk kegiatan praktik.   

Mesin milling sendiri merupakan jenis mesin perkakas yang menghasilkan bidang datar di mana pisau berputar dan benda bergerak melakukan langkah pemakanan. Milling menghasilkan permukaan datar atau berbentuk profil pada ukuran dan kehalusan yang ditentukan. Alat ini digunakan untuk mengerjakan logam berbentuk balok.

Mengingat termasuk jenis mesin manual, dibutuhkan keterampilan operator untuk membuat benda benar-benar presisi. Sarana mekanik ini dapat menghaluskan atau meratakan benda kerja sesuai dimensi diinginkan.  

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Siswa Diklat Manufaktur Solo Technopark Dilatih Operasikan Mesin Milling
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna