Ini Kelebihan Mesin Milling Konvensional yang Wajib Diketahui

Dunia industri manufaktur terus mengalami perkembangan seiring kemajuan teknologi. Di era digital saat ini banyak berkembang mesin otomatis yang kian memudahkan proses produksi. Meski begitu, masih banyak perusahaan manufaktur enggan meninggalkan mesin konvensional seperti mesin milling dengan berbagai pertimbangan.

Seperti diketahui, mesin milling adalah sebuah sarana produksi paling mampu mengerjakan banyak tugas bila dibanding mesin perkakas lain. Kendati banyak industri besar telah beralih ke mesin CNC (Computer Numerical Control), namun tak sedikit pula perusahaan manufaktur masih memanfaatkan mesin milling manual untuk aktivitas produksinya.       

Instruktut Mesin Milling Diklat Manufaktur Solo Technopark, Sutrisno, menyatakan ada beberapa kelebihan dimiliki mesin milling manual hingga masih banyak digunakan. Kelebihan itu, di antaranya lebih mudah dalam perawatan dan punya akurasi tinggi.

Selain mampu memesin permukaan datar maupun berlekuk dengan penyelesaian dan tingkat ketelitian tinggi, mesin milling juga bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan atau meratakan benda kerja sesuai dimensi diinginkan. Jenis mesin tersebut juga lebih mudah dalam pengoperasian ketimbang mesin digital.  .  

Di abad modern sekarang, mesin milling manual dikategorikan konvensional tak lepas dari hadirnya mesin CNC di mana sistem operasionalnya dikontrol lewat teknologi komputer. Sementara mesin konvensional untuk proses produksinya bergantung tingkat keterampilan manual operator. 

Mesin milling sendiri merupakan jenis mesin perkakas yang menghasilkan bidang datar di mana pisau berputar dan benda bergerak melakukan langkah pemakanan. Mengingat termasuk jenis mesin manual, dibutuhkan keterampilan operator untuk membuat benda yang benar-benar presisi.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Ini Kelebihan Mesin Milling Konvensional yang Wajib Diketahui
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna