Mengenal Sekilas Mesin Gerinda

Mesin Gerinda, tentunya kita sudah sangat familier dengan kata ini. Meski cukup akrab di telinga, namun masih banyak orang belum mengenal jauh jenis mesin tersebut. Bentuk bendanya seperti apa maupun fungsi dan cara kerjanya bagaimana, banyak orang tak tahu. Nah, untuk itu, yuk kita kupas sekilas apa itu mesin gerinda.   

Secara sederhana mesin gerinda bisa didefinisakan sebagai jenis mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah atau memotong benda kerja dengan tujuan tertentu. Alat ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan dasar benda kerja dengan permukaan kasar maupun halus dengan akurasi tinggi.   

Instruktur Mesin Gerinda Diklat Manufaktur Solo Technopark, Eko Anggoro, mengatakan mesin gerinda merupakan sebuah benda yang mampu mengasah semua jenis alat potong. Dengan mata potong jamak, mesin gerinda bisa mengasah maupun berfungsi sebagai alat potong benda kerja.

Adapun untuk prinsip kerjanya sendiri, batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja, sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan atau pemotongan. Kendati punya ketelitian tinggi, namun mesin gerinda juga memiliki beberapa kekurangan. Selain waktu yang diperlukan untuk mengerjakan relatif lama, biaya pengerjaan juga cukup mahal.  

Proses penggerindaan selain bertujuan mengasah benda kerja seperti pahat atau pisau, dapat pula digunakan membentuk benda kerja seperti merapikan hasil potongan dan hasil las. Mesin gerinda juga dapat dimanfaatkan untuk membentuk lengkungan pada benda kerja bersudut serta menyiapkan permukaan benda kerja untuk dilas.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Mengenal Sekilas Mesin Gerinda
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna