Siswa Solo Technopark Diberi Pelatihan Teknik Gerinda

Mencetak generasi andal dan berkualitas tentu menjadi misi seluruh institusi pendidikan Tanah Air. Demikian pula Solo Technopark, badan layanan usaha daerah (BLUD) ini turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa lewat program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi lulusan SMA/SMK. Siswa dibekali berbagai keterampilan di bidang industri, salah satunya teknik gerinda.  

Sejumlah peserta program Diklat Manufaktur mendapat pembekalan keterampilan lewat pengajaran teori dan praktik. Mereka digembleng dan dipersiapkan menjadi tenaga kompeten dan ahli di bidangnya. Harapannya tentu saja siswa mampu menguasai teknis operasional mesin gerinda agar bisa diaplikasikan di dunia kerja.  

Dalam program Diklat yang dihelat selama sembilan bulan, banyak materi diajarkan. Khusus tingkat basic, siswa mendapat pembelajaran serta pelatihan operasional mesin gerinda. Di tahap ini, mereka menurut Instruktur Mesin Gerinda Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark, Eko Anggoro, dilatih melakukan penajaman benda hingga pembuatan alat potong.

Melalui metode pembelajaran ini, peserta Diklat diharapkan mampu mengetahui geometri alat potong dan bisa mengasah alat potong dengan tepat. Oleh sebab itu, siswa setidaknya harus menguasai beberapa pengetahuan dasar terkait teknik gerinda, jenis batu gerinda serta komposisi batu gerinda.

“Hal yang diharapkan adalah siswa tahu geometri alat potong dan bisa mengasah alat potong. Dengan begitu, nantinya di industri siswa tahu geometrinya,” kata Eko Anggoro.

Solo Technopark memang berupaya keras mencetak tenaga-tenaga terampil. Alhasil, peserta program Diklat mendapat berbagai teori terkait operasional mesin, termasuk praktik langsung. Adapun guna menunjang pembelajaran, pihak institusi menyediakan enam unit mesin gerinda untuk mendukung kegiatan praktik.  

Mesin gerinda sendiri merupakan jenis mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah atau memotong benda kerja dengan tujuan tertentu. Alat ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan dasar benda kerja dengan permukaan kasar maupun halus dengan tingkat akurasi tinggi.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Siswa Solo Technopark Diberi Pelatihan Teknik Gerinda
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna