Ini Kelebihan Mesin Gerinda yang Wajib Diketahui

Industri manufaktur tak bisa dipungkiri senantiasa mengalami perkembangan seiring majunya zaman. Di abad modern saat ini banyak berkembang mesin canggih hingga makin memudahkan proses produksi. Kendati demikian, tak sedikit perusahaan manufaktur masih memanfaatkan penggunaan mesin konvensional seperti mesin gerinda manual atas sejumlah alasan.

Sebagaimana kita ketahui, mesin gerinda adalah suatu alat ekonomis untuk menghasilkan benda kerja dengan permukaan kasar maupun halus berketelitian tinggi. Sarana ini digunakan pada tahap finishing proses produksi.  

Instruktur Mesin Gerinda Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark, Eko Anggoro, mengutarakan mesin gerinda memiliki beberapa kelebihan, di antaranya mampu mengasah semua jenis alat potong.  

Dalam suatu proses produksi, mesin gerinda dapat mengerjakan benda kerja yang telah dikeraskan. Selain itu, alat ini juga mampu menghasilkan permukaan sangat halus hingga N6 serta bisa mengerjakan benda kerja dengan ukuran sangat presisi.

Kendati memiliki sejumlah kelebihan, namun mesin gerinda tak lepas dari kekurangan. Beberapa hal mendasar yang menjadi perhatian, di antaranya waktu diperlukan untuk pengerjaan cukup lama. Selain itu, skala pemakanan harus kecil serta biaya untuk pengerjaan cukup mahal.  

Mesin gerinda sendiri merupakan jenis mesin perkakas digunakan untuk mengasah atau memotong benda kerja dengan tujuan tertentu. Alat ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan dasar benda kerja dengan permukaan kasar maupun halus dengan akurasi tinggi. Proses penggerindaan selain bertujuan mengasah benda kerja seperti pahat atau pisau, dapat pula digunakan membentuk benda kerja seperti merapikan hasil potongan dan hasil las.

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Ini Kelebihan Mesin Gerinda yang Wajib Diketahui
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna