Mengenal Sekilas Kerja Bangku

Industri manufaktur tak lepas dari aktivitas permesinan. Salah satu kegiatan pendukung di industri ini tentu saja adalah benchwork alias kerja bangku. Lantas apa saja yang berkaitan dengannya? Yuk, kita kulik sedikit apa itu benchwork.    

Kerja bangku atau benchwork merupakan salah satu kegiatan dalam industri manufaktur secara manual, semiotomatis maupun otomatis. Kendati demikian dalam proses manufaktur sederhana,benchwork cenderung dilakukan secara manual.

Instruktur Benchwork Diklat Mekanik Manufaktur, Agus Wahyudi, mengutarakan praktik kerja bangku merupakan aktivitas dasar bagi pelaku industri manufaktur. Untuk itu dibutuhkan keterampilan tangan dan kesabaran agar bisa menguasainya, mengingat segala sesuatunya dikerjakan secara manual dengan tangan.

Benchwork adalah kegiatan basic bagi pemula untuk melatih keterampilan tangan dan melatih insting mereka sampai mana, termasuk juga melatih emosional karena yang dikerjakan semuanya handmade atau buatan tangan. Jika bisa menguasainya nanti larinya bisa ke assembly,” kata dia, Jumat (06/10/2017).

Dalam aktivitas benchwork, ada beberapa proses kerja yang mendukung, di antaranya pengikiran, pengeboran, penggergajian serta drilling. Prinsip dasar pengikiran sendiri, yakni operator secara manual menekan material benda kerja menggunakan kikir dan membentuk benda kerja itu hingga sesuai gambar kerja.

Kegiatan kerja bangku lebih difokuskan pada pembuatan benda kerja dari bahan logam dengan perkakas tangan di bangku kerja. Aktivitas ini meliputi berbagai jenis konstruksi geometris sesuai dengan perintah kerja.  

 

 
 
Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Mengenal Sekilas Kerja Bangku
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna