Siswa Diklat Manufaktur Solo Technopark Dibekali Kemampuan Benchwork

Institusi pendidikan tentu ingin menjadikan siswanya berkualitas dan terampil agar bisa kompeten di dunia kerja. Demikian pula Solo Technopark, badan layanan umum daerah (BLUD) ini berupaya mencetak tenaga-tenaga profesional lewat program pendidikan dan pelatihan (Diklat). Demi tujuan itu, peserta program Diklat Mekanik Manufaktur dibekali berbagai kemampuan keteknikan, salah satunya benchwork alias bangku kerja. 

Selama tiga bulan di tingkat basic, siswa dididik menjadi tenaga kompeten dan ahli di bidangnya. Mereka diharapkan bisa menguasai teknis operasional beberapa jenis mesin, termasuk kemampuan benchwork agar bisa diaplikasikan di dunia industri.

Dalam program Diklat Mekanik Manufaktur diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK banyak materi diajarkan. Siswa, menurut Instruktur Benchwork Solo Technopark, Agus Wahyudi mendapat pembelajaran keterampilan terkait pengikiran, pengeboran serta penggergajian. Mereka juga dilatih membuat part atau bidang rata secara manual dengan alat kikir. 

‚ÄúKami latih mereka membuat satu bidang yang rata hanya dengan menggunakan tangan dan kikir. Di¬†benchwork, siswa juga dilatih membuat potongan secara zigzag dengan gergaji dan dilatih¬†stamping,‚ÄĚ ujarnya.

Lewat pembekalan keterampilan ini, peserta Diklat diharapkan bisa memroduksi suatu benda atau part, salah satunya palu. Selama mengikuti progam, siswa dituntut tekun dan sabar agar mampu mendapat hasil sebagaimana diharapkan. Ini penting mengingat proses kerja benchwork cenderung dilakukan secara manual.

Kerja bangku merupakan praktik kerja mendasar dan harus dikuasai setiap siswa mekanik. Karakter seorang engineer dibentuk di sini. Oleh sebab itu dibutuhkan ketekunan dan kesabaran ekstra, sehingga bisa kompeten di dunia industri. 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Siswa Diklat Manufaktur Solo Technopark Dibekali Kemampuan Benchwork
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna