Praktik Benchwork Latih Ketekunan dan Kesabaran

Peserta program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mekanik Manufaktur Solo Technopark mendapat pembekalan keterampilan permesinan. Mereka pun harus menjalani praktik kerja bangku atau benchwork yang merupakan aktivitas dasar bagi pelaku industri manufaktur. Kegiatan ini dapat melatih ketekunan dan kesabaran dalam bekerja.

Tak bisa dipungkiri, praktik benchwork bukanlah pekerjaan gampang. Pasalnya dibutuhkan ketelitian dan keterampilan dalam mengerjakan sesuatu, mengingat segalanya cenderung dilakukan secara manual. 

Instruktur Benchwork Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark, Agus Wahyudi, mengatakan kerja bangku adalah kegiatan dasar bagi pemula di industri manufaktur. Di sini mereka dilatih keterampilan tangan lantaran benda atau part yang dikerjakan sifatnya handmade. Untuk itu, peserta Diklat harus mampu mengelola emosi, kedisiplinan serta ketekunan.

Benchwork adalah kegiatan basic bagi pemula untuk melatih keterampilan tangan dan melatih insting mereka sampai mana, termasuk juga melatih emosional karena yang dikerjakan semuanya handmade atau buatan tangan,” kata dia, 

Benchwork sendiri merupakan kegiatan dasar pengerjaan material benda kerja secara manual dengan beberapa proses, di antaranya pengikiran, pengeboran serta penggergajian. Ini merupakan aktivitas paling dasar di dunia mekanik dan harus dikuasai siswa Diklat. Karakter seorang engineer dibentuk di sini, sehingga dibutuhkan ketekunan dan kesabaran.  

Benchwork adalah aktivitas kerja dilakukan dengan tenaga dan keahlian seseorang di meja kerja. Kegiatan ini tak hanya berfokus pada pencapaian hasil semata, namun berkaitan dengan proses kerja. Seorang engineer harus bertumpu pada etos kerja yang baik mencakup kedisiplinan, ketekunan, ketahanan serta penguasaan teknik sebelum berlanjut ke penggunaan mesin produksi.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Praktik Benchwork Latih Ketekunan dan Kesabaran
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna