Praktik Benchwork, Siswa Diklat Manufaktur Diharapkan Terampil dan Profesional

Solo Technopark membekali pengetahuan permesinan peserta program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mekanik Manufaktur dengan pengajaran teori dan praktik. Mereka pun dididik menjadi tenaga kompeten dan ahli di bidangnya. Selain menguasai operasional mesin, siswa juga dilatih praktik kerja bangku atau benchwork dengan harapan bisa terampil dan profesional di industri manufaktur.

Benchwork merupakan salah satu kegiatan dalam industri manufaktur secara manual, semiotomatis maupun otomatis. Kendati demikian dalam proses manufaktur sederhana, praktik benchwork cenderung dilakukan secara manual. Aktivitas ini merupakan kegiatan dasar pengerjaan material benda kerja secara manual dengan beberapa proses, di antaranya pengikiran, pengeboran serta penggergajian.     

Dalam praktik kerja bangku, dikatakan Instruktur Benchwork Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark, Agus Wahyudi, peserta Diklat dilatih mensinkronkan kemampuan tangan dengan pikiran. Ini penting dilakukan mengingat segala proses pengerjaan material benda kerja dilakukan secara manual.

“Siswa harus bisa mensinkronkan tangan dengan pikiran karena kalau tidak sinkron akan susah. Hal utama di sini adalah melatih keterampilan tangan. Selama tiga minggu di benchwork, mereka harus bisa menyelesaikan lima part,” ujarnya. 

Penguasaan kemampuan benchwork, praktis menjadi modal berharga bagi peserta Diklat untuk bisa terampil dan profesional di industri mekanik. Selain itu, mereka juga akan lebih disiplin, mengingat praktik kerja bangku melatih ketekunan dan kesabaran. Kegiatan ini tak hanya berfokus pada pencapaian hasil semata, namun berkaitan dengan proses kerja.

Karakter seorang engineer dibentuk di benchwork. Oleh sebab itu, manakala siswa terampil, disiplin dan profesional, menurut Agus Wahyudi, mereka akan lebih siap ditempatkan di manapun, khususnya di industri mekanik. Siswa tak khawatir menangani pekerjaan berat karena yakin mampu menemukan solusi.

“Harapannya setelah kompetensi ini, mereka siap ditempatkan di mana saja dan siap menghadapi. Mereka diharapkan tidak akan pilih-pilih pekerjaan. Jika diberi pekerjaan berat tetap bisa mengerjakan dan mampu memecahkan sendiri,” kata dia. 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Praktik Benchwork, Siswa Diklat Manufaktur Diharapkan Terampil dan Profesional
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna