Benchwork Menitikberatkan pada Etos Kerja

Kompetensi dan profesionalitas sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Tak heran jika institusi pendidikan rela menggembleng keras anak didiknya agar bisa andal di dunia kerja. Seperti halnya Solo Technopark, di praktik kerja bangku atau benchwork program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mekanik Manufaktur, siswa dibentuk etos kerjanya lewat serangkaian kegiatan keterampilan.

Sebagaimana diketahui, benchwork bukan hanya berfokus pada pencapaian hasil semata, namun berkaitan dengan proses kerja. Proses itu sendiri lebih menitikberatkan pada etos kerja mencakup kedisiplinan, ketekunan, ketahanan serta penguasaan teknik sebelum berlanjut ke penggunaan mesin produksi. 

Instruktur Benchwork Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark, Agus Wahyudi, menyatakan praktik kerja bangku berkaitan erat dengan ketekunan, kesabaran dan kedisiplinan, mengingat part atau benda dikerjakan secara manual. Pengerjaan cenderung dilakukan dengan tangan tanpa bantuan mesin.

Benchwork adalah kegiatan basic bagi pemula untuk melatih keterampilan tangan dan melatih insting mereka sampai mana, termasuk juga melatih emosional karena yang dikerjakan semuanya handmade atau buatan tangan,” terangnya, 

Praktik kerja bangku lebih difokuskan pada pembuatan benda kerja dari bahan logam dengan perkakas tangan di bangku kerja. Aktivitas ini meliputi berbagai jenis konstruksi geometris sesuai perintah kerja. Benchwork adalah teknik dasar yang wajib dikuasai seorang engineer dalam dunia permesinan.   

Di industri mekanik, etos kerja tinggi sangat dibutuhkan. Kualitas produk yang dihasilkan banyak dipengaruhi pemahamanengineer dalam praktik kerja bangku dan pelaksanaan di tempat kerja.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Benchwork Menitikberatkan pada Etos Kerja
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna