Mengenal Sekilas Diklat Mekanik Garmen Solo Technopark

Industri garmen seolah tak ada matinya. Tidak heran jika akhirnya banyak tenaga terampil dibutuhkan untuk turut berkiprah di dalamnya. Peluang inipun ditangkap Solo Technopark dengan menggelar program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mekanik Garmen demi mempersiapkan calon-calon tenaga kerja andal dan kompeten.

Ya, mekanik garmen merupakan salah satu program ditawarkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) itu, selain DiklatOtomasi, Las Darat, Las dalam Air, Desain Mekanik serta Mekanik Manufaktur. Sejauh ini, Diklat Mekanik Garmen cukup diminati masyarakat, khususnya para lulusan SMA/SMK/sederajat.

Instruktur Diklat Mekanik Garmen Solo Technopark, Agus Jatmiko, mengutarakan pelatihan dirancang guna mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) terampil dan profesional di bidang permesinan garmen. Peserta dididik menjadi teknisi mesin garmen andal yang nantinya akan terjun di perusahaan-perusahaan terkait.

“Pelatihan mekanik garmen untuk mempersiapkan SDM yang ke depan akan menjadi mekanik di perusahaan garmen. Mereka nantinya akan merawat dan memperbaiki mesin produksi garmen,” ujarnya, Senin (16/10/2017).

Program Diklat ditempuh dalam waktu sembilan bulan. Adapun pada tiga bulan pertama (tingkat basic) siswa akan diperkenalkan permesinan dasar. Baru pada tiga bulan berikutnya (tingkat applied) siswa mendalami pengetahuan mekanik garmen. Selanjutnya di tiga bulan terakhir siswa bisa mengikuti program magang di sejumlah perusahaan mitra Solo Technopark.

Khusus di tingkat applied, peserta mendapat pelatihan tentang perawatan dan perbaikan mesin-mesin produksi garmen. Ada empat jenis mesin dipelajari dalam Diklat, yakni mesin single needle (satu jarum), mesin double needle (dua jarum), mesin obras dan mesin overdeck.         

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Mengenal Sekilas Diklat Mekanik Garmen Solo Technopark
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna