Peserta Diklat Mekanik Garmen Dibekali Keterampilan Perawatan Mesin Jahit

 
Sejumlah peserta program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mekanik Garmen Solo Technopark mendapat pembekalan keterampilan lewat pengajaran teori dan praktik. Selama sembilan bulan mereka ditempa menjadi tenaga kompeten dan ahli di bidangnya. Siswa pun diharapkan bisa menguasai teknis perawatan dan perbaikan mesin jahit agar bisa diaplikasikan di industri garmen.
 
Selama pelaksanaan program Diklat banyak materi diajarkan kepada peserta, dalam hal ini para lulusan SMA/SMK/sederajat. Khusus di tingkat applied, menurut Instruktur Diklat Mekanik Garmen Solo Technopark, Agus Jatmiko, siswa mendapat pembelajaran serta pelatihan mesin produksi. Mereka dilatih keterampilan merawat dan menangani kerusakan mesin produksi garmen, terutama mesin jahit dan mesin pendukung lainnya.
 
“Pelatihan mempersiapkan SDM yang ke depan akan menjadi mekanik di perusahaan garmen. Mereka nantinya akan merawat dan memperbaiki mesin produksi garmen, terutama mesin jahit dan mesin-mesin pendukung produksi lainnya,” kata dia.
 
Lewat pembekalan keterampilan ini, peserta Diklat Mekanik Garmen diharapkan bisa andal dan kompeten dalam pengelolaan mesin garmen. Sebagai mekanik, mereka dituntut sigap mengatasi permasalahan manakala terjadi gangguan proses produksi seperti kerusakan mesin.
 
“Ketika ada trouble harapannya langsung dapat diatasi, sehingga tidak mengganggu alur produksinya. Setelah sembilan bulan Diklat diharapkan mereka tersalurkan kerja dan menjadi mekanik terampil dan profesional,” ujar Agus Jatmiko.   
 
Dalam pelaksanaan program Diklat Mekanik Garmen, peserta mendapat berbagai pengetahuan terkait perawatan dan perbaikan mesin produksi garmen. Sementara guna menunjang keterampilan, Solo Technopark menyediakan setidaknya empat jenis mesin untuk kegiatan praktik, yakni mesin single needle (satu jarum), mesin double needle (dua jarum), mesin obras dan mesin overdeck.            
Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Peserta Diklat Mekanik Garmen Dibekali Keterampilan Perawatan Mesin Jahit
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna