Lulusan Sekolah Menengah Lirik Diklat Mekanik Garmen Solo Technopark  

Solo Technopark memiliki beberapa program pendidikan dan pelatihan (Diklat) berbasis keterampilan di bidang industri. Dengan sejumlah keunggulan dimiliki, banyak lulusan sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) melirik program itu, salah satunya Diklat Mekanik Garmen.

Solo Technopark membuka enam program Diklat, yakni Otomasi, Las Darat, Las dalam Air, Desain Mekanik, Mekanik Garmen serta Mekanik Manufaktur. Tercatat sekira 30 persen peserta, menurut instruktur setempat, Agus Jatmiko masuk ke program Diklat Mekanik Garmen. Tingginya minat siswa tak lepas dari cukup prospektifnya peluang kerja di industri garmen.

“Pelatihan ini menyiapkan SDM (sumber daya manusia) yang ke depan akan menjadi mekanik di perusahaan garmen. Mereka nantinya akan merawat dan memperbaiki mesin produksi garmen, terutama mesin jahit dan mesin-mesin pendukung produksi lainnya. Selain itu, mereka juga bisa terjun di perusahaan-perusahaan distributor mesin,” terangnya.

Diklat ditempuh dalam waktu sembilan bulan. Adapun pada tiga bulan pertama (tingkat basic) siswa diperkenalkan permesinan dasar. Baru pada tiga bulan berikutnya (tingkat applied) mendalami pengetahuan mekanik garmen. Selanjutnya tiga bulan terakhir mereka mengikuti program magang di sejumlah perusahaan mitra Solo Technopark.

Siswa bisa magang di beberapa perusahaan garmen sekitar Soloraya seperti PT Danliris, PT Libra Wonogiri ataupun PT Dewi Samudera Karanganyar. Banyak hal dapat dipelajari dari kegiatan ini, sehingga selain bisa memraktikkan pengetahuannya, mereka juga mendapatkan pengalaman baru di dunia kerja.

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Lulusan Sekolah Menengah Lirik Diklat Mekanik Garmen Solo Technopark  
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna