Diklat Mekanik Garmen, Siswa Dibekali Pengetahuan Ini

Mencetak kualitas sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan kompeten di bidangnya tentu menjadi keinginan institusi pendidikan manapun. Atas dasar itu pulalah, Solo Technopark berupaya melahirkan tenaga-tenaga terampil lewat program pendidikan dan pelatihan (Diklat). Salah satu Diklat yang digelar, yakni mekanik garmen di mana siswa dibekali berbagai pengetahuan permesinan produksi garmen.

Selama mengikuti program, peserta Diklat Mekanik Garmen mendapat pembelajaran beberapa materi dasar. Selain mempelajari teknis perawatan dan perbaikan mesin, menurut instruktur setempat, Agus Jatmiko, siswa juga dibekali pengetahuan setting alias penyetelan mesin sesuai bahan, over hole serta modifikasi perangkat.  
 
“Materi yang diajarkan, di antaranya perawatan mesin, perbaikan mesin, setting mesin sesuai bahan, over hole dan modifikasi perangkat. Harapannya nanti ketika ada trouble(persoalan)  langsung dapat diatasi, sehingga tidak mengganggu alur produksi,” ujar dia.
 
Diklat Mekanik Garmen merupakan bentuk upaya Solo Technopark mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) andal, khususnya di industri garmen. Siswa dilatih menjadi mekanik untuk penanganan perbaikan dan perawatan mesin produksi garmen, terutama mesin jahit dan mesin pendukung lainnya.
 
Setidaknya ada empat jenis mesin dipelajari dalam Diklat, yakni mesin single needle (satu jarum), mesin double needle (dua jarum), mesin obras dan mesin overdeck. Selama pelaksanaan program, peserta juga mendapat pengetahuan kelistrikan dasar serta layout dasar.  
 
“Pelatihan mekanik garmen untuk mempersiapkan SDM yang ke depan akan menjadi mekanik di perusahaan garmen. Mereka nantinya akan merawat dan memperbaiki mesin produksi garmen. Harapannya siswa bisa terampil dan cekatan dalam perbaikan mesin,” kata Agus Jatmiko.
Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Diklat Mekanik Garmen, Siswa Dibekali Pengetahuan Ini
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna