Diklat Mekanik, Solo Technopark Tanamkan Kejujuran, Kedisiplinan dan Keterampilan

Kompetensi dan profesionalitas sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Tak heran jika institusi pendidikan rela menggembleng keras anak didiknya agar bisa andal di dunia kerja. Demikian pula Solo Technopark, nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan keterampilan ditanamkan dalam setiap diri peserta progam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mekanik agar punya etos kerja tinggi.

Seperti diutarakan Head of Mechanic Dept Solo Technopark, Sutrisno, menyikapi kian kompetitifnya dunia kerja, peserta Diklat dibekali kemampuan teknis dan pendidikan karakter agar berdaya saing. Setidaknya ada tiga nilai ditanamkan, yakni kejujuran, kedisiplinan dan keterampilan.

Adapun guna mendukung keterampilan, siswa atau peserta Diklat mendapat porsi praktik lebih banyak ketimbang teori. Dalam pembelajaran, Solo Technopark menerapkan metode pengajaran 75 persen praktik dan 25 persen teori.

“Ada tiga nilai yang ditanamkan di sini. Jujur, disiplin dan terampil. Sistem pembelajarannya 75 persen praktik dan 25 persen teori. Kami punya standar nilai yang mana dari segi pendampingan ada pola 422, artinya empat jam pendampingan ke siswa, dua jam persiapan dan dua jam lagi untuk pribadi,” kata Sutrisno, Senin (23/10/2017).

Sehubungan dengan nilai-nilai ditanamkan, Solo Technopark menerapkan standar nilai 5.51 pada siswa. Angka ini merupakan hasil gabungan antara nilai teori dengan praktik. Ketika peserta Diklat mendapat nilai di bawah ketentuan, praktis tak diperkenankan lagi mengikuti proses pembelajaran.  

Dalam Diklat Mekanik Manufaktur, siswa dibentuk etos kerjanya lewat serangkaian kegiatan keterampilan. Bukan hanya berfokus pada pencapaian hasil semata, namun berkaitan pula dengan proses kerja. Proses itu sendiri lebih menitikberatkan pada etos kerja mencakup kedisiplinan, ketekunan, kejujuran serta penguasaan teknik.

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Diklat Mekanik, Solo Technopark Tanamkan Kejujuran, Kedisiplinan dan Keterampilan
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna