Peluang Kerja di Bidang Teknik Mesin Masih Terbuka Luas di Dalam Negeri

 
Berniat mengambil pelatihan atau pendidikan di bidang mekanik manufaktur tapi tidak yakin dengan masa depan pekerjaan Anda selesai menempuh pendidikan? Maka daripada itu, penting untuk mempertimbangkan prospek sebuah industri sebelum melakukannya. 
 
Sekarang siapa yang tidak mengenal PT. Astra Otoparts atau PT Indofood Sukses Makmur. Meski keduanya menghasilkan produk yang berbeda, namun kedua perusahaan tersebut tergolong kategori industri manufaktur. 
 
PT. Astra Otoparts menghasilkan komponen mesin bagi kendaraan. Sementara PT. Indofood Sukses Makmur merupakan industri penghasil produk makanan. Jadi sebenarnya apa sih industri manufaktur?
 
Sederhananya, industri manufaktur merupakan industri yang menggunakan peralatan modern seperti mesin dalam mengolah barang mentah menjadi barang jadi yang layak dijual. Dalam proses produksinya, tentunya dibutuhkan tenaga kerja berkompetensi. Salah satunya yaitu mekanik (ahli mesin).
 
Jadi, para ahli mesin atau mekanik akan terus dibutuhkan seiring dengan perkembangan industri manufaktur di Indonesia. Demikian kurang lebih yang disampaikan oleh Kepala Divisi Diklat Mekanik Manufaktur Solo Technopark (STP), Sutrisno.
 
"Selama ada teknologi, mekanik akan terus dibutuhkan. Makanya sekarang ini kebanyakan, di univesitas, BLK maupun tempat-tempat pelatihan yang dikembangkan itu kan mekanik manufaktur. Membaca peluang mekanik itu lebih banyak," papar dia. 
 
Sejauh ini, pertumbuhan industri manufaktur di Indonesia sendiri masih menunjukkan geliat yang positif. Kendati demikian, para mekanik dituntut untuk terus belajar sepanjang karier mereka. Pasalnya, teknologi, teknik dan alat baru akan terus berkembang. Sehingga mereka harus menguasai perkembangan teknologi terbaru jika ingin bersaing dengan tenaga kerja asing dalam era Masyarakat Ekonomi Asean/MEA. 

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Peluang Kerja di Bidang Teknik Mesin Masih Terbuka Luas di Dalam Negeri
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna