Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kesetrum Ketika Mengelas dalam Air

 
Setiap pekerjaan pastinya punya risiko masing-masing. Begitu juga dengan mengelas dalam air atau underwater welding. Jika tidak dilakukan dengan benar, seorang pengelas bisa saja tersetrum saat mengelas dalam air. 
 
Menurut Erwin, instruktur diklat Under Water Wet Welding Solo Technopark, ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang pengelas bisa tersetrum. "Yang pertama, koordinasi dengan tender-nya salah. Tender itu yaitu pengoperasian untuk mesin sudah siap on atau tidak. Seandainya kodenya salah itu berpengaruh dengan setrum," jelasnya. 
 
Kemudian yang kedua adalah massa. "Massa harus benar-benar nyeram di benda kerja harus bagus," imbuh Erwin. Terakhir adalah masalah elektroda. Jika elektrodanya sudah kadaluarsa, maka tidak bisa digunakan. 
 
Sebenarnya risiko kesetrum ini sendiri dapat dihindari jika pengelas benar-benarnya melakukannya sesuai dengan prosedur. "Kalau kita sudah standar safety-nya bagus, saya kira tidak ada. Kalo standarnya sudah bagus, aman. Jika kita menyalahi prosedur-prosedurnya yang ditentukan, itu baru berbahaya," tegasnya. 

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kesetrum Ketika Mengelas dalam Air
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna