Ini Dia Pentingnya Daftarkan Hak Kekayaan Intektual Bagi Pebisnis

 
Memulai bisnis tanpa memperhitungkan perlindungan terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HKI) akan mendatangkan kerugian. Pasalnya hal tersebut dapat membuat karya ataupun kreasi para pengusaha dapat dicuri dengan mudah. Oleh karena itu, ketika memulai bisnis, pastikan sudah memberikan perlindungan HKI-nya.
 
HKI sendiri dibagi menjadi dua kategori, yakni Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri. Hak Cipta biasanya diperuntukkan untuk melindungi karya di bidang seni,  sastra, dan ilmu pengetahuan. Sedangkan Hak kekayaan Industri, meliputi perlindungan Paten, Merek, Desain Industri, Rahasia Dagang dan sebagainya. 
 
Bagi yang baru memulai bisnis, penting memahami apa saja manfaat memiliki HKI. Pertama, HKI akan melindungi dari pembajakan. Dalam industri musik, hasil rekaman yang dibajak bisa mencapai 400 juta keping pada 2006, berdasarkan data Gaperindo. Hal itu merugikan negara hingga Rp 800 miliar dan pelaku industri sekitar Rp 1,6 triliun. Bayangkan akan sangat besar sekali penghasilan pelaku industri jika tidak ada pembajakan. 
 
Kedua, bisa digunakan untuk melarang pihak lain menggunakan HKI tersebut tanpa seijin pemiliknya. Jadi siapa yang lebih dulu mendaftarkan merek dagangnya, maka merek tersebut akan menjadi miliknya. Selain itu, HKI juga dapat memudahkan pemilik bisnis dalam memasuki pasar.
 
Mengingat pentingnya HKI, Solo Technopark juga akan membantu dan mendampingi pelaku start up yang tergabung dalam program inkubator STP dalam mendaftarkan HKI (paten, hak cipta, desain industri, merek dagang). "Harapannya dengan adanya pendampingan di situ. Jika legalitas perusahaan ada dan juga HKI dia sudah terdaftar. Otomatis istilah nilai produknya meningkat di mata konsumen. Value itu dengan sendirinya meningkat," kata staff inkubator STP.
Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Ini Dia Pentingnya Daftarkan Hak Kekayaan Intektual Bagi Pebisnis
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna