Perangkat Lunak yang Wajib Dikuasai Anak Desain Manufaktur

 
Guna memenuhi kebutuhan industri, Solo Technopark membuka program studi baru yaitu Desain Manufaktur. Beda dengan jurusan lain yang bergelut dengan mesin-mesin, Desain Manufaktur lebih mempelajari pada rancangan atau gambar peralatan industri seperti pencetak (molding), alat penepat (jigs dan fixtures) dan masih banyak lagi. Para peserta didik akan diajarkan mulai dari membuat sketsa hingga menggambar menggunakan software.
 
Jika orang zaman dahulu, mendesain mesin masih dilakukan secara manual menggunakan pensil yang selanjutnya digambar ulang dengan tinta agar tahan lama. Jadi bisa dibayangkan bukan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah rancangan mesin?
 
Namun seiring kemajuan teknologi, para drafter (juru gambar) sudah dimudahkan dengan adanya sofware-software. Setiap industri manufaktur pun bisa menggunakan software yang berbeda. Oleh karena itu, peserta didik dibekali pengetahuan tentang beberapa software-software berikut ini. 
 
1. AutoCAD
AutoCAD adalah sebuah aplikasi sofware CAD (Computer aided design) untuk menggambar model 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Autodesk. Tak hanya engineer, sofware ini juga sering digunakan oleh arsitektur.
Dalam industri manufaktur, software ini bisa digunakan untuk menggambar detail perakitan dari berbagai macam alat, termasuk jig dan fixture yang dibutuhkan untuk mendukung proses produksi sebuah industri. Misalnya, di manufaktur sepatu, AutoCAD bisa digunakan untuk menggambar perubahan tata letak lini produksi dan mesin-mesin jika ada pergantian model sepatu.
 
2. Solid Works
Solidworks dipercaya sebagai perangkat lunak yang dapat membantu proses desain suatu benda atau bangunan dengan mudah. Sudah banyak perusahaan manufaktur yang menggunakan software solidworks. Keunggulan solidworks yaitu mampu menyediakan sketsa 2D yang dapat diupgrade menjadi bentuk 3D. Selain itu pemakaiannya juga mudah karena memang dirancang khusus untuk mendesain benda mulai dari yang paling sederhana hingga yang rumit sekali pun. 
 
3. CATIA
Serupa dengan AutoCAD, CATIA juga merupakan perangkat lunak untuk menggambar serta merancang model 2D dan 3D. Hanya saja, CATIA memiliki beberapa kelebihan, salah satunya yaitu kelengkapan fiturnya. Bisa dibilang CATIA sangat memanjakan penggunanya karena hanya dengan satu software sudah dapat melakukan desain, analisa, dan desain proses manufacturing sampai simulasinya. Selain itu, software ini dikembangkan dengan cara penggunaan sama dengan windows environment seperti untuk melakukan perintah cut, copy danpaste.
 

 

Anda disini: Home Media Publik Event dan Berita Perangkat Lunak yang Wajib Dikuasai Anak Desain Manufaktur
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna