Mengenal Machine Language Dalam Bahasa Pemrograman

Dilihat: 634

Machine language adalah bahasa pemrograman tingkat terendah (kecuali untuk komputer yang memakai programmable microcode). Machine language adalah satu-satunya bahasa yang dipahami komputer.

Sekalipun mudah dipahami oleh komputer, machine language tidak bisa dipahami manusia karena terdiri seluruhnya dari angka. Oleh karena itu, para programer memakai bahasa program yang lebih tinggi atau assembly language. Assembly language memiliki instruksi yang sama dengan machine language, tapi intruksi dan variabel memiliki nama dan tidak hanya berupa angka.

Program-program ditulis dalam bahasa tingkat tinggi diterjemahkan ke dalam assembly language atau machine language dengan sebuah compiler. Program dengan assembly language diterjemahkan ke dalam machine language dengan sebuah program yang disebut assembler. Setiap komputer memiliki machine language sendiri yang unik. Program-program yang ada harus ditulis ulang atau dikompilasi ulang, supaya bisa berjalan pada berbagai jenis komputer.




Sumber: wikipedia.

Mengenal Apa Itu Apple CarPlay?

Dilihat: 567
 
Apple CarPlay adalah sebuah sistem yang dikembangkan Apple untuk mengintegrasikan iPhone dengan sistem infotainment entertainment yang ada dalam mobil biasanya dalam bagian dashboard mobil. CarPlay didesain untuk membuat pengemudi lebih mudah dan lebih aman untuk mengakses konten informasi dan multimedia dalam smartphone mereka dari sistem dashboard mobil tanpa perlu menyentuh smartphone.

Teknologi suara Siri Eyes Free diintegrasikan dengan Apple CarPlay untuk mengizinkan pengemudi melakukan hal seperti membuat panggilan telepon dan mendengarkan voicemail, membaca pesan masuk dan notifikasi, merespon pesan teks, memainkan musik yang tersimpan di iPhone, mengakses navigasi Satelit dan tahu arah jalan dan lain-lain. Selain perintah suara Siri, pengemudi bisa menggunakan layar sentuh atau layar manual, tergantung dari tampilan dashboard pada mobil.



Sumber: webopedia.
 
 

Mengenal Application Delivery Network (ADN)

Dilihat: 443
 
Application Delivery Network (ADN) adalah perangkat teknologi yang dikembangkan untuk menyediakan percepatan, kesediaan, keamanan, keterlihatan aplikasi. ADN didesain untuk memastikan distribusi aplikasi yang penting untuk bisnis secara aman dan efisien pada jaringan perusahaan.

ADN seringkali dibandingkan dengan Content Delivery Network (CDN). Kedua istilah itu seringkal digunakan secara bergantian. Kedua jenis jaringan ini berbagi hal yang sama. Keduanya juga digunakan untuk mempercepat akses situs dengan cara mengurangi waktu loading situs. Tapi CDN biasanya digunakan untuk mengoptimalkan konten statis. Sementara ADN umumnya digunakan untuk percepatan akses situs untuk konten yang dinamis.
 


Sumber: webopedia.
 
 

Mengenal apa itu CDN

Dilihat: 531

CDN adalah kependekan dari content delivery network. CDN adalah sebuah sistem distribusi server (jaringan) yang mengirim halaman dan konten situs lainnya kepada pengguna berdasarkan lokasi geografis. Layanan ini efektif dalam mempercepat pengiriman konten situs yang memiliki trafik tinggi dan jangkauan global. CDN juga menyediakan perlindungan jika terjadi kenaikan trafik yang tiba-tiba.

Jika sebuah situs menggunakan sebuah layanan CDN, maka konten situs itu disalin ke jaringan server milik layanan itu. Jaringan server itu tersebar ke berbagai lokasi berbeda secara geografis. Saat seorang pengguna mengakses sebuah halaman situs, maka CDN akan mengalihkan akses itu ke server mereka yang terdekat dengan lokasi pengguna. Dengan demikian halaman situs bisa diakses lebih cepat. Proses pengalihan ini biasanya tidak terasa bagi pengguna karena biasanya bersifat cepat dan langsung. Perbedaan yang mencolok hanyalah URL yang dibuka berbeda dengan URL yang tadinya diklik.




Sumber: wikipedia.

Apa Itu Webinar?

Dilihat: 574

Webinar adalah kependekan dari web seminar. Webinar adalah seminar berbasis website. Dalam seminar itu terdapat presentasi, kuliah, workshop yang disiarkan menggunakan software konferensi video lewat sebuah situs. Fitur kunci dari webinar adalah elemen interaktif di mana peserta bisa memberikan, menerima dan mendiskusikan informasi secara real-time.

Dengan software Webinar, para peserta bisa berbagi audio, dokumen dan aplikasi dengan peserta webinar lainnya. Hal ini berguna saat pemandu atau pengisi webinar melakukan kuliah atau sesi presentasi. Saat pengisi webinar berbicara dalam video (atau audio), mereka bisa berbagi aplikasi komputer dan dokumen. Sekarang ini, ada banyak layanan webinar yang menawarkan kemampuan live streaming atau siaran langsung. Mereka juga menawarkan fitur untuk merekam webinar dan mengunggahnya ke YouTube atau layanan lain.



Sumber: wikipedia.

Apa Itu Pseudocode Pada Program Komputer?

Dilihat: 592

Pseudocode adalah deskripsi yang detil tapi bisa dibaca tentang fungsi sebuah algoritma atau program komputer. Deskripsi itu ditulis dalam bahasa manusia biasa dan bukan bahasa pemrograman. Pseudocode kadang-kadang digunakan sebagai panduan detil dalam proses mengembangkan program. Pseudocode mengizinkan para desainer atau programer pemimpin untuk mengekspresikan desain yang mereka inginkan secara detil. Juga menyediakan para programer lain template yang detil untuk penulisan kode komputer berikutnya dalam bahasa pemrograman yang spesifik.

Karena detil dan bisa dibaca, pseudocode bisa dicek oleh tim desainer atau programer untuk memastikan pemrograman yang sebenarnya sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Mengetahui error program saat dalam tahap pseudocode bisa mengurangi resiko dibandingkan saat proses pengembangan. Begitu pseudocode diterima, kode itu akan ditulis ulang dalam perbendaraan kata dan sintaksis bahasa pemrograman. Pseudocode kadang-kadang digunakan bersama dengan software pemrograman komputer.



Sumber: techtarget.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna