Perbedaan Arti Hacker dan Cracker

Istilah hacker seringkali digunakan untuk seseorang atau kelompok orang dengan keterampilan komputer yang tinggi yang bisa menembus keamanan internet. Sayangnya saat orang itu menggunakan keterampilannya untuk melakukan kejahatan, istilah hacker tetap dikenakan kepadanya. Padahal orang itu lebih tepat disebut cracker. Istilah cracker jarang diketahui orang, tapi ada perbedaan antara hacker dan cracker.

Cracker adalah seseorang dengan pengetahuan komputer yang luas, yang menggunakan pengetahuannya untuk membobol atau mengakali keamanan internet atau mengakses software tanpa membayar royalti. Cracker digunakan untuk para hacker yang memanfaatkan pengetahuan komputer mereka untuk melakukan kejahatan. Tujuan cracker membobol sistem komputer bisa untuk memperoleh uang. Atau bisa jadi karena mereka suka tantangan. Mereka bisa mencuri kartu kredit, meninggalkan virus, menghancurkan file atau mencuri data pribadi untuk dijual.

Sementara hacker adalah seseorang dengan pengetahuan komputer yang luas, tapi mereka melakukan kemampuan mereka untuk hal positif. Misalnya mereka menggunakannya untuk menemukan cacat atau kerawanan pada sistem internet atau komputer. Setelah mereka menemukannya mereka akan menginformasikan kepada pengembang software dan komputer yang bersangkutan. Para ahli keamanan komputer dan internet biasanya juga memiliki kemampuan hacking. Bagian dari tugas mereka juga termasuk mencoba menghack sistem komputer atau internet perusahaan di mana mereka bekerja. Tujuannya untuk menemukan dan mengatasi kelemahan yang mungkin ada.

 

 

Sumber: PCTools.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Perbedaan Arti Hacker dan Cracker
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna