Apa Itu Otentifikasi Dua Faktor?

Otentifikasi dua faktor adalah langkah yang dilakukan pengguna untuk mengakses atau login layanan online misal email dan sosial media yang memerlukan dua hal yaitu password dan langkah lain. Langkah kedua ini secara dasar harus berbeda dengan langkah pertama. Contohnya karena password berbasis informasi, maka faktor kedua tidak bisa berbasis informasi juga. Seseorang yang memiliki akses password seorang pengguna mungkin bisa menebak pertanyaan keamanan sang pengguna. Misalnya di mana dia lahir dan siapa nama gadis ibunya.

Faktor kedua yang paling umum digunakan biasanya berupa ide kepemilikan. Sang pengguna harus memiliki sebuah perangkat yang bisa digunakan untuk mengkonfirmasi layanan atau informasi online itu. Misalnya smartphone atau alat token untuk layanan online banking. Faktor kedua juga bisa berupa biometris, memerlukan scan pengenalan wajah atau sidik jari sebelum pengguna bisa login.

Ada tiga faktor yang bisa digunakan:

-Sesuatu yang Anda tahu (password)

-Sesuatu yang Anda miliki (biasanya smartphone atau ponsel)

-Sesuatu yang ada pada tubuh (biometris, misalnya pengenalan wajah atau sidik jari).

Contoh mudahnya, saat seeorang mengaktifkan otentifikasi dua faktor, maka selain memasukkan password, layanan sosial media atau email itu akan mengirim kode angka ke ponsel pengguna. Sang pengguna diharuskan memasukkan kode angka itu sebelum bisa login ke akunnya.

 

 

Sumber: floridatechonline.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Apa Itu Otentifikasi Dua Faktor?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna