Apa Itu Augmented Reality?

Setelah sebelumnya belajar tentang Virtual Reality (VR), sekarang kita akan belajar arti Augmented Reality (AR) karena keduanya saling berkaitan. Secara sederhana, AR adalah campuran antara dunia nyata dan virtual reality. Jadi AR adalah dunia di antara kedua dunia ini, jadi kadang-kadang AR disebut sebagai mixed reality.

Salah contoh dari penggunaan teknologi AR adalah game Pokemon Go. Dalam game itu, dunia Pokemon yang tidak nyata diciptakan dengan VR. Dunia itu beserta para makhluk Pokemon di bawa ke dalam dunia nyata. Lewat game di smartphone atau tablet, kita bisa melihat makhluk Pokemon di berbagai tempat dalam dunia nyata.

Untuk saat ini, AR biasanya memanfaatkan kamera smartphone atau tablet. Salah satu contoh lain aplikasi yang menggunakan AR adalah Dulux Visualizer. Dulux adalah salah satu produsen cat tembok. Dengan aplikasi itu, Anda bisa mengarahkan kamera smartphone ke tembok kamar atau salah satu ruangan rumah. Lalu Anda bisa mengubah warna cat rumah sesuai dengan keinginan Anda. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana warna cat Dulux terlihat jika dipakai di dinding rumah. Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung-bingung memilih warna cat yang cocok dengan rumah Anda.

IKEA juga menciptakan aplikasi AR, Catalog App. Dengan aplikasi itu, Anda bisa mencoba meletakkan perabot IKEA di ruangan rumah. Dengan demikian Anda bias melihat jika ukuran perabot itu, gaya dan bentuknya cocok atau tidak dengan perabot dan ukuran ruangan.

 

 

Sumber: ExplainThatStuff.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Apa Itu Augmented Reality?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna