Apa Itu Ransomware dan Cara Kerjanya?

Ransomware adalah sebuah program jahat yang menginfeksi komputer dan mengunci beberapa bagian komputer. Oleh karena itu pengguna tidak bisa mengakses komputer atau data komputer mereka. Setelah itu biasanya di dalam komputer pengguna akan muncul sebuah pesan meminta bayaran jika pengguna ingin membuka kunci itu. Biasanya permintaan bayaran atau uang tebusan ini disertai ancaman penghapusan data-data penting di dalam komputer. Ransomware memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda untuk dihapus. Bagian komputer yang dikunci juga beragam, mulai dari beberap file hingga seluruh hard disk.

Pada dasarnya ransomware meniru kejahatan dalam bentuk penculikan yang dilakukan di dunia nyata: penculik menyandera seseorang atau sesuatu yang Anda hargai. Untuk memperoleh kembali orang itu atau benda itu, Anda harus membayar.

Supaya hal ini bekerja dengan baik, komputer perlu diinfeksi dulu dengan program ransomware. Biasanya infeksi ini terjadi saat pengguna tertipu untuk mengklik link yang berisi virus ransomware.

Biasanya Anda menerima sebuah email dari perusahaan atau organisasi yang dikenal misalnya bank Anda. Lalu email itu meminta Anda mengklik sebuah link untuk mengkonfirmasi sesuatu. Bentuk email itu terlihat seperti email resmi, maka Anda percaya dan mengklik link itu. Di situlah ransomware mulai bekerja. Ada beragam isi email yang digunakan hacker untuk mengecoh pengguna mulai notifikasi pengiriman barang, tagihan listrik atau pengembalian pajak.

Setelah pengguna mengklik link atau membuka lampiran dari email itu, ransomware mulai terpasang tanpa sepengetahuan pengguna. Program itu lalu mengunci hard disk dan file di dalamnya baik berupa foto, musik maupun dokumen penting. Begitu komputer dinyalakan, di layar akan terlihat ancaman jika data yang penting dalam komputer akan dihapus jika uang tebusan tidak dibayar.

 

 

Sumber: CNN.

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Apa Itu Ransomware dan Cara Kerjanya?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna