Apakah Itu Net Neutrality?

Prinsip net neutrality adalah kita memiliki hak berkomunikasi secara bebas online. Net Neutrality berarti internet yang bisa menyediakan dan melindungi kebebasan berbicara. Hal ini juga berarti ISP (internet service provider) menyediakan jaringan terbuka tanpa memblokir atau mendiskriminasi aplikasi atau konten tertentu.

Sama halnya dengan operator seluler tidak boleh membatasi siapa yang boleh kita telpon dan apa yang kita katakan saat menelepon, ISP seharusnya tidak campur tangan dengan konten yang kita lihat atau posting online.

Tanpa adanya Net Neutrality, bisa terjadi persaingan yang tidak sehat. Sebuah ISP bisa dengan sengaja memperlambat konten kompetitor atau memblokir pendapat politik yang tidak mereka setujui. ISP bisa juga mengenakan biaya tambahan untuk beberapa perusahaan penyedia konten. Hal ini pada akhirnya akan menghancurkan internet yang terbuka.

Tanpa Net Neutrality, internet akan menjadi jaringan tertutup di mana perusahaan telepon dan TV kabel yang memegang kendali. Mereka akan menentukan situs, konten atau aplikasi yang boleh diakses pengguna. Dampak tindakan ini sangat besar. Perusahaan operator seluler atau telepon bisa memutuskan siapa yang didengar dan siapa yang tidak. Mereka bisa memblokir situs atau konten yang tidak mereka suka atau aplikasi yang berkompetisi dengan aplikasi mereka.

 

 

Sumber: SaveTheInternet.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Apakah Itu Net Neutrality?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna