Memahami Ancaman Phishing Scam

Phishing adalah ancaman keamanan yang dialami para pengguna internet. Biasanya para hacker menggunakan jenis serangan ini untuk menyebarkan malware seperti ransomware. Lantas apakah phishing scam itu? Phishing scam biasanya berupa pesan email palsu yang mengaku berasal organisasi atau lembaga resmi (misalnya universitas, penyedia layanan internet, bank dan lain-lain).

Email itu biasanya berisi link yang bila diklik akan membawa kita ke sebuah situs palsu. Atau email itu meminta pengguna mengirim informasi rahasia/ pribadi (misalnya password, informasi PIN kartu kredit dan lain-lain). Sang pengirim email palsu itu lantas menggunakan informasi rahasia yang digunakan sang pengguna untuk melakukan pencurian identitas.

Salah satu jenis phishing juga menyatakan jika pengguna menerima email karena ada aktivitas mencurigakan dalam akun. Untuk mengatasi hal itu, pengguna diminta mengklik link di dalam email untuk menverifikasi informasi.

Phishing scam digunakan untuk menimbulkan rasa panik di antara para penerima email. Saat panik dialami, mereka akan segera merespons dengan membagi informasi pribadi atau mengklik link tanpa berpikir matang. Hal ini karena adanya ancaman dalam email misalnya jika link tidak diklik atau informasi tidak dibagikan, mereka bisa kehilangan akun email, rekening bank dan lain-lain. Itulah ciri khas phising scam karena organisasi atau badan resmi tidak akan memberitahukan hal-hal penting seperti itu lewat email.

 

 

Sumber: kb.iu.edu

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Memahami Ancaman Phishing Scam
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna