Apa itu Cloud Computing

Istilah “cloud computing” adalah istilah yang kerap dijumpai di internet sekarang ini. Dalam arti sederhana, cloud computing berarti menyimpan dan mengakses data dan program lewat internet dan bukan hard disk komputer. Cloud atau awan adalah metafora untuk internet. Metafora itu muncul saat bagan presentasi menjelaskan tentang infrastruktur server internet dengan bentuk awan cumulonimbus putih.

Cloud computing bukanlah soal hard disk. Saat Anda menyimpan data atau menjalankan program dari hard disk, itu disebut penyimpanan lokal dan komputasi (computing). Segala sesuatu yang Anda perlukan secara fisik dekat, berarti mengakses data cepat dan mudah, untuk satu komputer atau jaringan lokal lainnya.

Cloud computing juga bukan berarti memiliki hardware atau server network attached storage (NAS) khusus. Menyimpan data pada jaringan rumah atau kantor tidak terhitung sebagai penyimpanan awan (cloud storage).

Supaya dianggap sebagai “cloud computing”, Anda perlu mengakses data atau program lewat internet, atau paling tidak, data tersinkronisasi dengan informasi lain lewat web. Dengan koneksi online, cloud computing bisa dilakukan di manapun dan kapan pun.

 

 

Sumber: PC Mag.

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Apa itu Cloud Computing
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna