Mengenal Proxy Server dan Cara Kerjanya

Proxy server adalah sebuah komputer terdedikasi atau sistem software yang berjalan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai perantara antara perangkat endpoint seperti komputer dan sebuah server lain yang darinya pengguna atau klien meminta layanan. Proxy server mungkin ada di mesin yang sama dengan server firewall atau dalam server terpisah, yang melanjutkan permintaan itu melewati firewall.

Keunggulan proxy server adalah cachenya bisa melayani semua pengguna. Jika salah satu situs internet seringkali diakses, maka situs itu akan tersimpan dalam cache proxy, sehingga response time pengguna akan semakin cepat.

Saat proxy server menerima permintaan untuk sebuah sumber internet (seperti halaman Web), maka proxy akan melihat pada cache yang ada. Jika sumber internet itu tersimpan dalam cache, maka permintaan itu akan kembali kepada pengguna berupa cache sumber itu. Proxy tidak perlu meneruskan permintaan itu ke sumber aslinya. Jika sumber itu tidak ada dalam cache, proxy server bertindak sebagai perwakilan klien, menggunakan salah satu alamat IP mereka sendiri, meminta layanan dari sumber itu. Setelah itu, proxy akan mengirimkan sumber itu ke pengguna yang memintanya.

Proxy server bisa digunakan untuk tujuan legal dan ilegal. Dalam penggunaan bisnis, proxy server digunakan untuk menfasilitasi keamanan, kontraol administratif, atau layanan caching. Dalam konteks komputer pribadi, proxy server digunakan untuk privasi pengguna, dan akses internet tanpa anonim. Proxy server bisa juga digunakan untuk tujuan yang berkebalikan: memonitor trafik dan mengecilkan privasi pengguna. Untuk pengguna, proxy server tidak terlihat, semua permintaan internet dan respon proxy terlihat langsung ditujukan ke server internet.

 

 

Sumber: whatis.techtarget.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Mengenal Proxy Server dan Cara Kerjanya
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna