Apa itu Firewall dan Apa Manfaatnya?

Firewall adalah sistem keamanan jaringan, baik berbasis software atau hardware. Sistem ini digunakan untuk mengontrol trafik jaringan keluar dan masuk.

Firewall bertindak sebagai penghalang antara jaringan terpercaya dan jaringan tidak terpercaya. Firewall mengontrol akses kepada sumber daya sebuah jaringan lewat model kontrol yang positif. Hal ini berarti jika trafik yang diizinkan masuk ke dalam jaringan ditentukan oleh kebijakan firewall, semua trafik lain ditolak.

Firewall sendiri dipinjam dari istilah pemadam kebakaran dan pencegahan kebakaran. Firewall adalah sebuah penghalang yang dibuat untuk mencegah penyebaran api.

Saat organisasi atau perusahaan mulai berpindah dari komputer mainframe dan membuang model komputer klien ke klien-server, kemampuan untuk mengontrol akses ke server menjadi prioritas. Sebelum firewall muncul pada akhir 1980-an, bentuk keamanan jaringan dilakukan oleh access control lists (ACLs) yang ada pada router. ACLs menentukan alamat IP yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan mengakses jaringan.

Tumbuhnya internet dan hasil dari naiknya konektivitas jaringan berarti jika jenis filtering ini tidak lagi cukup untuk mencegah trafik jahat sebagai informasi dasar tentang trafik jaringan yang terkandung dalam packet header. Digital Equipment Corp memasarkan firewall komersial pertama (DEC SEAL pada 1992) dan semenjak itu teknologi firewall mulai berkembang untuk melawan serangan cyber yang semakin canggih.

 

 

Sumber: searchsecurity.techtarget.com

 

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Apa itu Firewall dan Apa Manfaatnya?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna