Memahami Istilah Cyberbullying

Cyberbullying adalah penggunaan ponsel, aplikasi chat, email, chat room atau sosial media seperti Facebook dan Twitter untuk melecehkan, mengancam atau mengintimidasi seseorang.

Cyberbullying seringkali dilakukan oleh anak-anak, yang sekarang semakin mudah mengakses teknologi. Masalahnya adalah fakta jika seorang bully bisa bersembunyi di balik user name, menyembunyikan identitas aslinya. Hal ini membuat proses melacak sang bully sulit dan mendorong mereka berperilaku lebih agresif.

Cyberbullying bisa meliputi tindakan seperti mengancam, mengirim ejeken provokatif atau ejekan rasis, mencoba menginfeksi komputer korban dengan virus dan membanjiri inboks email dengan berbagai pesan.

Dengan semakin berkembangnya penggunaan komunikasi online dan seluler, sementara cyberbullying termasuk hal baru, banyak wilayah yang belum memiliki hukum terkait hal ini. Akan tetapi di beberapa negara, ada hukum khusus terkait cyberbullying. Di beberapa negara lain, kejahatan ini masuk ke dalam hukum yang membahas ancaman dan pelecehan terhadap pribadi. Jika Anda korban cyberbullying, jangan mencoba untuk menyerang baik karena justru memperparah situasi. Bila cyberbullying terlalu parah, korban disarankan melapor ke polisi atau berkonsultasi dengan pengacara.

 

 

Sumber: whatis.techtarget.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Memahami Istilah Cyberbullying
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna